Follow us:

Pertarungan Jurnalis, Aktivis dan Patahana di Seleksi Komisioner KPU Subang dan Majalengka

10 nama Calon Komisioner KPU Daerah yang lulus pada test wawancara sudah muncul ke publik. Mereka akan bersaing untuk menduduki 5 kursi Komisioner KPUD.

Pertarungan merebut lima kursi KPU di Majalengka dan Subang semakin ketat. Dari 10 nama itu mereka berlatar belakang Jurnalis, Aktivis dan calon patahana. Maklum saja, penentuan keberhasilan itu bukan saja mengandalkan kemampuan saat test, tapi diantaranya mengandalkan relasi.

10 Calon Komisioner KPU Subang misalnya, dari 10 nama itu ada nama Ade Mahmudin yang berasal dari Jurnalis sekaligus Aktivis PMII, Abdul Muhyi dari HMI, dan tiga nama lainnya merupakan patahana, yakni Ahmad Koncara, Hari Nazarudin dan Suryaman.

Kelima nama lainnya ada Ahmadi yang merupakan mantan PPK Binong, Giyatman (KAHMI), Ratih Yeti Pujiawati (Komisioner Panwascam Subang Kota) dan Sudirman (Panwascam Pusakanagara) serta Abdul Muid Saud.

Sementara di Majalengka ada nama Ketua PWI Jejep Falahul Alam, Dardiri Edi Sabara (GMNI/Panawascam) Muaz (HMI/Ketua PPK) dan Agus Suhada dari IMM yang juga PNS Kemenag.

Seperti halnya di Subang, dua Patahana KPU juga masuk 10 besar yakni Cecep Jamaksari dan Sarkan. Lima nama lainnya adalah Agus Syuhada, Amka, Firman Saefatullah, Elih S Fatimah dan Kurniasih.

Mereka akan mengikuti uji kelayakan dan kepatuhan dalam beberapa pekan ke depan, untuk menentukan lima nama yang berhak berkantor di KPU.

Sekjen KIPP Nasional Kaka Suminta mengatakan komposisi 10 besar calon Komisioner KPUD ini merupakan komposisi pelangi. Dengan latar belakang yang berebda, bisa melengkapi antara satu dan lainnya.

"Komposisi yang ada harus mewakili kompetensi masing-masing, seperti kompetensi pengalaman, akademisi, integritas, juga kewilayahan dan komponen masyarakat. Saya harapkan ada keterwakilan," kata Kaka

Dengan Komposisi Pelangi ini diharapkan, kebutuhan publik terhadap idependensi lembaga penyelenggara Pemilu ini bisa dibuktikan. "Seharusnya dengan latar belakang yang ada, bisa lebih memberikan rasa optimisme lembaga ini independensi. Apalagi mereka sudah pernah menjadi penyelenggra, secara pengalman dan pengetahuan mereka sudah punya," terangnya


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1

Twitter Update

Belasan Pot Bunga di Alun-alun Subang Dirusak Orang Tak Dikenal https://t.co/jRPYlaiiLa
Pemkab Majalengka Lelang 5 Jabatan Strategis https://t.co/5mEimHI8Y0
Di luar Ekspektasi, Warga Subang: Debat Capres Seperti Cerdas Cermat https://t.co/KHiXSwzuDq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page