Follow us:

Bawaslu Kabupaten Bandung: Banyak APK Caleg Tidak Sesuai Aturan

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung berharap Calon anggota Legislatif (caleg) bisa memahami pemasangan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019.

Anggota Bawaslu Kabuapetn Bandung Januar Sholehudin memaparkan caleg DPR RI, DPRD provinsi, dan kabupaten/kota bukan peserta pemilu, sehingga tidak diatur dalam Peraturan KPU terkait alat peraga. Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dalam ketentuan Umum Pasal 1 angka 27 begitu pula di PKPU No. 23 Tahun 2018 tentang Kampanye dalam ketentuan umum pasal 1 angka 15 disebutkan Peserta Pemilu adalah Partai Politik untuk Pemilu anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, perseorangan untuk Pemilu anggota DPD, dan Pasangan Calon yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Dari hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Bandung, jelas Januar APK yang terpasang belum sesuai peraturan perundang-undangan. Sebab, menurut ketentuan aturan semua APK harus di sediakan melalui dua metode. Pertama, APK yang difasilitasi oleh KPU dan kedua; APK yang dicetak oleh Peserta Pemilu yaitu Baliho dan Spanduk setelah menyampaikan desainnya ke KPU untuk (ukuran, simbol/logo, isi/visi misi partai) dan kemudian mendapat persetujuan KPU.

Sejauh ini semua yang di asang di setiap sudut adalah yangg dicetak sendiri oleh masing-masing caleg tanpa melalui mekanisme yang diatur oleh PKPU 23/2018. "Untuk penegakan APK caleg yang tidak memenuhi kumulatif (logo parpol, nama, nomor urut, ajakan untuk memilih, dan visi misi), maka kami berupaya koordinasi dan kami sudah mengirimkan surat kepada instansi terkait" tegas Januar

"Kalau dari sisi Undang-Undang Pemilu dan PKPU tidak masuk, maka tentu ada peraturan daerah yang mengatur. Oleh karena itu, kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menertibkan semua APK caleg," ujar mantan Koordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran & Sengketa Panwaslu Kab. Bandung melalui Jaringan seluler

Oleh karena itu Bawaslu menghimbau semua Calon Legislatif di Kabupaten Bandung untuk menurunkan semua APK yang sudah terpasang dalam rangka memastikan semua metode kampanye di lakukan sesuai aturan yang berlaku.



Ikuti Socmed Kami:
FB: TINTAHIJAUcom
IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
Line: TINTAHIJAUcom


Twitter Update

Tim Futsal Putri Univ. Majalengka Juara 1 Open Futsal Turnamen Wil 3 Cirebon dan Priangan https://t.co/cftWqKlKs7
Surprise! Ini Penampakan Wisma Karya Subang Saat Malam Hari https://t.co/y81mjDemrC
Dua Ruang SMPN Ambruk, DPRD Majalengka: Segera Ajukan Bantuan https://t.co/jH9ejRFyom
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page