Indah Kushaeti Hasan, Fokus Pada Pelestarian Budaya Sunda

Budaya Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun. Karenanya, hal tersebut harus tetap dilestarikan, demikian diungkapkan Hj. Indah Kushaeti Hasan, Minggu (28/10/2018).

"Pada umumnya, karakter masyarakat Sunda adalah periang, ramah-tamah atau soméah, seperti dalam falsafah someah hade ka semah, murah senyum, lemah-lembut, dan sangat menghormati orang tua, ini yang harus tetap dilestarikan," ujar Hj. Indah.

Menurut calon anggota legislative daerah pemilihan Subang, Majalengka dan Sumedang dari partai PDI Perjuangan ini, budaya adalah pemersatu bangsa. Dengan ragam budaya yang ada di Indonesia, namun hakekatnya, memiliki satu kesamaan. “Menghormati orang tua, merupakan satu budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, ini kelebihan kita,”tambah ibu dari 6 orang anak ini.

Terkait dengan semakin minimnya perhatian anak terhadap budaya dan kebudayaan Sunda, menurut Srikandi PDI Perjuangan yang memiliki nomor urut 6, hal tersebut karena gempuran teknologi yang semakin dahsyat.

"Ini bisa disiasati dengan kita kenalkan kembali permainan-permainan atau kaulinan budak, seperti permainan oray-orayan, sonlah, panggal, gatrik, bon-bonan, bendrong atau batalyon, santang dan lain sebagainya. Kita dorong pemerintah untuk terus melestarikan mellaui program-program yang bisa dibuat," tambah Hj. Indah.

Sementara menurut Tim pemenangan Hj. Indah Kushaeti Hasan, H. Irawan, perhatian yang dilakukan oleh calonnya, bukan hanya saat yang bersangkutan mencalonkan sebagai calon anggota DPRD Propinsi Jawa Barat saja.

"Tapi sejak jauh hari, beliau konsern terhadap budaya sunda. Kesenian-kesenian sunda tetap beliau perhatikan, pokoknya beliau ini, nyunda pisan. Karena, menurut beliau, budaya merupakan akar bangsa, yang menjadi tali perekat persatuan dan kesatuan bangsa," jelasnya.


Ikuti Socmed Kami:
FB: TINTAHIJAUcom
IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
Line: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 4
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Irjen Listyo Sigit, Mantan Ajudan Jokowi yang Kini Jadi Kabareskrim Baru https://t.co/ly5dssmV87
Digunakan 15 Desember, Kapolda Cek Jalur Tol Layang Cikampek dengan Bersepeda https://t.co/9aMHneiVvv
Bupati Subang Pimpin Normalisasi Sungai di Daerah Pantura https://t.co/GjyG3HCxLL
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page