Literasi

Fakultas Teknik Universitas Majalengka yang berlokasi di Jln. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka, saat ini masih membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Dengan visi pada tahun 2026 Fakultas Teknik Universitas Majalengka menjadi institusi pendidikan tinggi di bidang keteknikan yang unggul di tingkat regional dan mampu berperan aktif dalam aspek pembangunan nasional melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Majalengka Dr. H. Riza M. Yunus mengatakan ada empat Program Pendidikan yang bisa dipilih calon mahasiswa baru diantaranya Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Industri dan Prodi Teknik Sipil.

H. Riza memaparkan Prodi Teknik Informatika dapat menghasilkan lulusan dibidang Teknik Informatika yang dapat membuat maupun merekayasa komputer dari segi hardware, software maupun brainware dengan konsentrasi: pemograman, multimedia, jaringan dan sistem informasi.

Sementara Prodi Teknik Mesin, adalah Prodi yang menghasilkan sarjana berkualitas yang memiliki kemampuan dan keahlian teknologi tepat guna, melakukan pe gembangan teknologi secara aktif dan inovatif. Konsentrasi: pengetahuan bahan/material, proses produksi dan konversi energi.

"Mahasiswa juga bisa memilih Prodi Teknik Industri yang lulusannya mampu menguasai sistem industri manufaktur/jasa, maupun sektor pelayanan pemerintahan sehingga memiliki keahlian untuk merancang mengimplementasikan maupun meningkatkan sistem teribyegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi atau energi. Dengan konsentrasi manufaktur, manajemen dan supply chain," paparnya.

Sedangkan Prodi Teknik Sipil dapat menghasilkan lulusan yang mampu berkembang serta meningkatkan keterampilan di lapangan dan prinsip standar konstruksi dalam perencanaan, pelaksanaan dan atau pengawasa  serta analisa. Konsentrasi: rekayasa struktur dan manajemen konstruksi.

Lebih jauh ia mengatakan, bagi mahasiswa yang mendaftar di Fakuktas Teknik Universitas Majalengja bisa mendapatkan Beasiswa Pendidikan guna meringankan biaya pendidikan selama kuliah di Fakultas Universitas Majalengka.

"Adapun Beasiswa yang bisa diambil diantaranya Beasiswa Pendidikan dari Kemenristek Dikti, Beasiswa Pendidikan dari Provinsi Jawa Barat, Beasiswa Pendidikan dari Universitas Majalengka, Beasiswa Pendidikan dari dunia usaha/dunia industri. Serta berkesempatan mengikuti ujian sertifikasi internasional di Bidang MOS (Microsof Office Specialist), ACA (Adobe certified assosiate), MTA (Microsoft Technology Associate), ACU (Autodesk Certified User)," urainya.

H. Riza juga mengatakan dilihat dari sumber daya manusia (dosen) Fakultas Teknik Universitas Majalengka telah memenuhi beberapa komponen yaitu Rasio Dosen (terpenuhi), Evaluasi Kinerja Dosen di lingkungan internal bagi dosen tetap bagi dosen pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan jabatan akademik scara berkala, S3.

Sedangkan untuk fasilitas dan infrastruktur, maka Laboratorium dan fasilitasnya diutamakan untyk Teknik Sipil dan Industri. Upgrading fasikitas Lab teknik informatika, optimalisasi fungsi kbk pada setiap masing-masing lab di lingkungan prodi serta resource sharing lab dan perpustakaan.

"Secara akademik Fakultas Teknik Universitas Majalengka telah melakukan peningkatan kerjasama antara peneliti industri dan pemerintah, melaksanakan seminar-seminar tahuna, penyusuna  kurikulum berorientasiKKNI TA. 18/19 sudah terlaksana, penyediaan fasilitas KBM dan peningkatan sistem basis data ilisypri, simak dan PD Dikti," paparnya

Bagi masyarakat yang hendak bergabung di Fakuktas Teknik Universitas Majalengka sambung Riza silahkan datang langsung ke Kampus Universitas Majalengja jl. KH. Abdul Halim no. 103 Majalengka 45418 tlpn. (0233) 281496. E-Mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.. facebook: facebook.com/UNMA2006/ . Website: http://www.unma.ac.id/ atau layanan informasi PMB 0233-281496.


Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU