Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

Masa Orientasi Siswa yang biasa dikenal sebagai masa perpeloncoan ketika menjadi siswa baru, saat ini telah digantikan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dengan MPLS, tidak ada lagi perpeloncoan terhadap siswa.

SMAKOT salah satu sekolah yang menerapkan MPLS. Sekolah yang berada di Jl. Otto Iskanda Dinata Subang itu mengisi MPLS dengan kegiatan positif, dari mulai penyuluhan sampai pada menggali bakat anak-anak.

Pada hari pertama MPLS, Bagian Kesiswaan menyiapkan agenda bagi 360 siswa baru. Setelah apel pagi, siswa mendapat penyuluhan dari pihak kepolisian seputar kenakalan remaja dan tertib berlalu lintas. "Pelaksananya tiga hari sampai Rabu. Dan mereka sudah pulang jam 12.00 WIB," kata Kepela SMAKOT Asep Kahlan Husen kepada TINTAHIJAU.com

Asep memaparkan banyak hal yang dilakukan selama MPLS. Ratusan siswa baru akan mendapatkan berbagai pemahaman seputar sekolah dan lingkungan. Tidak itu saja, mereka juga dibekali dengan pemahaman bela negara, kesehatan, PBB, disiplin dan lainnya. Untuk menunjang kegiatan itu, pihak SMAKOT menghadirkan beberapa pembicara dari intansi pemerintah lain.

Selain teori, siswa juga dituntut untuk berinovasi dan kreatif. Salah satunya mereka mengenal kesenian dan budaya lokal. "Mudah-mudahan ke depan, ada perubahan sikap atau mindset, punya tanggung jawab atas dirinya, karena merka buan lagi anak SD," jelasnya

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU