Eskpos SPMI, SMKN 1 Cipeundeuy Fokus Peningkatan Mutu

Belasan sekolah mengikuti Ekspos Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI)  di SMA Negeri 2 Subang, Selasa (14/11/2017). Dalam ekspos SPMI yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Barat  itu perwakilan beberapa SD, SMP dan SMA/SMK ikut serta menampilkan berbagai potensi dan progres program SPMI di sekolahnya masing-masing.

BERITA TERKAIT:
Isi Hari Pahlawan, SMA PGRI 1 Subang Gelar Ngobras Kepahlawanan
SMA PGRI Subang Tanamkan Budaya Literasi untuk Murid dan Guru
SMK Negeri 1 Dawuan Ikuti Lomba PMR dan Pramuka

SMK Negeri 1 Cipeundeuy yang merupakan satu-satunya SMK yang menjadi model SPMI juga ikut hadir manjadi peserta dalam ekspos tersebut. Di stand eskpose SMK ini memperlihatkan berbagai dokumen proses dan progres pelaksanaan program yang telah dilakukan. Tercatat ada 16 sekolah mengikuti ekspose terdiri dari satu sekolah SMK, satu sekolah SMA, enam sekolah SMP dan sisanya SD.

Kepala SMK Negeri 1 Cipendeuy Deden Suryanto MPd mengungkapkan, bahwa sekolahnya sebagai salah satu sekolah yang mendapat kesempatan untuk menjadi sekolah model penerapan SPMI telah membentuk elemen baru dalam struktur organisasi sekolah. Elemen tersebut nantinya akan fokus dalam hal penjagaan dan peningkatan mutu secara bertahap dan berkelanjutan yang langsung diketuai oleh Wakil Kepala Sekolah  bidang SPMI, elemen tersebut tentu dilengkapi dengan struktur tim pengembang, tim auditor dan sekretaris.

"SMKN 1 Cipendeuy  Subang telah berada di atas nilai rata-rata rapor mutu kabupaten, provinsi dan nasional. Tetapi apabila dikaji per item butir prioritas ada beberapa yang harus diutamakan untuk ditingkatkan,” jelas Deden.

Deden juga menjelaskan ada empat standar yang diprioritaskan dalam tahun pertama yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), standar proses, standar penilain dan standar isi, tetapi SMKN 1 Cipeundeuy menghilangkan standar isi dan menggantinya dengan standar pembiayaan dari target prioritas  pemenuhan mutu, karena standar pembiayan dinilai lebih urgent.

Sistem Penjamninan Mutu Internal (SPMI) sebagai sebuah program yang bernaung atas dasar Permendikbud nomor 63 tahun 2009 tentang sistem penjaminan pendidikan dan Permendikbud no 28 tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah.[dedi yudha]


Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Banner Kanan 1

Twitter Update

GreenThink, Wahana Wisata Edukasi di Pantura Subang https://t.co/YRMlZxidHg
Tempat Uji Kompetensi Fakultas Pertanian UNMA Direspon Penyuluh PNS Pertanian Cirebon https://t.co/FLRskdq6bx
Pengamat: Pilkada 2018 Rawan Dikotori Praktik Politik Uang https://t.co/dqV2IAAjC2
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page