Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Kabupaten Subang pimpinan Soleh Hasanudin resmi dilantik Ketua KPNI Jabar Saca Suhendi, di Rumah Dinas Bupati Subang, kemarin (19/12/2017).

KNPI kubu Soeh ini dihasilkan dari Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar Tim Caretaker di Sekretariat DPD KNPI Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, No.623, Kota Bandung, Selasa (8/8/2017). Dalam Musda ke-XIV tersebut, terpilih secara mufakat Soleh Hasanudin dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Pelantikan pengurus KNPI kubu Soleh Hasanudin langsung dilakukan Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat, Saca Suhendi. Pelantikan dilakukan secara sederhana dengan dihadiri pengurus KNPI, sejumlah ormas dan LSM lainnya. Sementara pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang tampak tidak hadir dalam agenda tersebut.

Ketua Panitia Pelantikan, Nurtajudin sangat menyayangkan ketidakhadiran pihak Disparpora Kabupaten Subang dalam pelantikan pengurus KNPI. Padahal pihaknya sudah jauh-jauh hari melayangkan surat undangan. "Jangan sampai ini jadi preseden buruk bagi Disparpora," kata Nurtajudin

Sementara Ketua DPD KNPI Kabupaten Subang, Soleh Hasanudin. Soleh mengklaim kepengurusan KNPI yang dipimpinnya adalah yang sah, karena sudah sesuai AD/ART. "Kita siap berdebat dengan Disparpora, termasuk uji publik (untuk membuktikan pengurus yang sah). Jangan main-main dengan pemuda, kita siap bergerak terus," katanya

Sekedar informasi, pada awal januari 2017, Jaka Septia Arizona resmi dilantik menjadi ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Subang periode 2017-2020. Pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Subang. Hadir dalam acara pelantikan itu, Kapolres Subang (saat itu) AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, Ketua DPRD Subang Beni Rudiono, Kepala Disparpora Ahmad Sobari, Kepala Kesbang Linmas Ujang Sutrisna, sejumlah perwakilan dan beberapa ketua organisasi kepemudaan, serta perwakilan dari beberapa partai.

Jaka menegakan kepada seluruh organisasi kepemudaan yang berada di Kabupaten Subang harus bersatu dan jangan sampai terpecah belah. Dirinya menegaskan kepemimpinan KNPI dari pusat sampai daerah adalah satu suara. "Saya menghimbau kepada pemuda tidak ada dualisme kepemimpinan KNPI dimanapun. Kita itu satu, KNPI pusat dibawah pimpinan Ahmad Rapiq dan DPD Jabar Siti Aisyah. Jadi kalau ada KNPI lain, itu tanda-tanda ingin memecah kesatuan pemuda di Kabupaten Subang," katanya pada saat itu.


Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Promosi dan iklan: 085352324271