Relawan TIK Majalengka Gelar Bimbingan Sistem Apliksi Data Desa Terpadu

Sebanyak 80 operator Desa dilatih bimbingan teknis aplikasi sistem aplikasi data desa terpadu (Siladdu) di aula Kokardan jalan Gerakan Koperasi Majalengka oleh Dinas Kominfo dan Relawan TIK Kabupaten Majalengka, Selasa (3/10/2017).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pengembangan Informatika Dinas Kominfo Rahmat Kartono mengatakan Bintek ini menyikapi perkembangan arah teknologi yang semakin mengakar sekarang.

"Kemudian semakin menariknya tentang desa yang banyak fasilitas dari pemerintah pusat. Diskominfo melalui tupoksi kami, kami ingin melaksanakan tugas kami di bidang Bangdal Informatika untuk melanjutkan program Siladdu yang sangat bermanfaat bagi Pemerintah Desa,"ungkap Rahmat.

Kadis Kominfo Kabupaten Majalengka Maman Sutiman mengatakan pengembangan teknologi ini terus kita aplikasikan di semua sektor dan perkembangan teknologi informasi ini harus bisa diterapkan secara positif. "Mari perkembangan teknologi ini kita manfaatkan sebaik-baiknya bagi aparatur untuk meningkatkan pelayanan kita,"ungkap Kadis Kominfo.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Majalengka H. Budi Victoriadi mengatakan berdasarkan UU Desa no 6 tahun 2014 pasal 86 point  1 dinyatakan Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Dikatakan dia, hal tersebut sejalan dengan yang tengah dilakukan oleh PEMDA Majalengka melalui Dinas KOMINFO pada Bidang Litbang Informatika bersamaan dengan perkembangan Desa2 Membangun Teknologi yang tumbuh dari adanya program nasional DESTIKA 2014 (Desa Teknologi Informatika) ke-2 di Kabupaten Majalengka beberapa tahun lalu.

"DISKOMINFO telah memfasilitasi adanya server website desa dan juga applikasi desa yang diberinama SILADDU (Sistem Informasi Pelayanan Desa dan Data Terpadu) bekerjasama dengan Relawan-TIK berupaya mensosialisasikan program-program itu agar desa-desa lebih melek IT dan dapat memberikan data yang lebih akurat,terupdate dan bottom-up serta dapat menyuarakan kegiatan juga potensi2 Desanya kepada dunia,"ungkap Mang Budi sapaan akrabnya.

"Kami relawan-TIK yang di dalamnya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat penggiat-TIK seperti mahasiswa, pelajar, PNS, tenaga ahli, operator desa, perangkat desa dan masyarakat yang berusia diatas 17th mendorong pemanfaatan website dan aplikasi desa yang difasilitasi oleh PEMDA Majalengka tersebut bahkan ada beberapa desa juga yang telah menggelar kegiatan mandiri untuk mendukung hal tersebut misalnya dengan penyelenggaraan bimtek website desa,update data penduduk untuk siladdu dan desa berjejaring "ungkap dia.

Dikatakan dia, RTIK Majalengka juga melakukan kegiatan ‘Sabtu menyatu di sekretariat RTIK’ supaya terjalin komunikasi yang baik antar penggiat TIK dan desa juga masyarakat,agar desa lebih cepat menerima informasi dan menyampaikannya ke public/masyarakat melalui jalinan ‘Bersilaturahim & Bersahabat’. [CR-TH/02]


Follow Socmed Kami:
Twitter @tintahijaucom
FB: Redaksi Tintahijau


Twitter Update

Cabuli Bocah Ingusan, Warga Palasah Majalengka ini Numpang di Rumah Teman https://t.co/3ciankwfWx
Pipin Chikal, Bidan Subang dengan Segudang Prestasi di Sirkuit https://t.co/GlLZhrdxXb
Jejak Seni Gembyung di Tengah Gempuran Musik Modern https://t.co/W41rm8gCiH
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page