Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

Ratusan Mahasiswa Baru Universitas Majalengka mengikuti pembukaan Program Sosialisasi Studi Pengenalan Kampus (Prosspek) di  Gedung Auditorium Kampus, Kamis pagi (6/9/2018).

Pembukaan ditandai dengan Sidang Terbuka Senat Universitas Majalengka dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sosialisasi Studi dan Pengenalan kampus (Prosspek) tahun akademik 2018/2019.

Rektor Universitas Majalengka Prof. Dr. H. Ir. Sutarman, M.Sc menjelaskan calon Mahasiswa Baru yang sudah mendaftar di UNMA sebanyak 1.225.orang, dari jumlah tersebut 884 orang sudah melakukan pembayaran. 860 sudah memiliki Nomer Mahasiswa (NPM) dan yang mengikuti Prosspek sebanyak 705 orang.

"Dari sekian fakultas yang ada di Universitas Majalengka Fakultas Ekonomi masih menjadi fakultas favorite dengan jumlah calon mahasiswa terbanyak, disusul FKIP dengan Prodi Penjasnya, lalu Fakultas Hukum, Adminstrasi Publik dan Fakultas Teknik dengan prodi Teknik Informatikanya" kata Rektor

Prof. Sutarman merinci hingga saat ini jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar masih terus bertambah karena pendaftaran masih dibuka hingga 20 Oktober mendatang.

Di depan ratusan calon mahasiswa baru  ia juga  mengatakan bahwa mahasiswa di UNMA berhak mendapat Beasiswa dari BAZNAS dengan tiga skema, yaitu Skema Tunas Bangsa yaitu Beasiswa Istimewa bagi yang berprestasi dan beasiswa full ditanggung BAZNAS.

Selain itu sambung Rektor ada skema Matahari Keluarga, yaitu mahasiswa yang menerima beasiswa ini masih mendapat kontribusi dari keluarga. Dan juga ada Skema Wujudkan Cita-cita yaitu beasiswa yang diberikan pada Prodi-prodi khusus diantaranya Ilmu Komunikasi, Ekonomi Syariah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Teknik Industri.

Prof. Sutarman juga memberikan gambaran tentang Universitas Majalengka dengan prestasinya yang terus meningkat. Untuk prestasi mahasiswa diantaranya Juara 1 Inovasi Aplikasi (Jabar Banten), Juara Pembuatan Animasi dan Games (Jabar Banten), dan juara Volly Ball putri tingkat Nasional.

"Untuk Prestasi Dosen yang ada di.Universitas Majalengka. Bahwa UNMA memiliki jumlah terbanyak penerima Sertifikasi Dosen tahun 2018. Lalu masuk peringkat 9 (dari 400 Perguruan Tinggi Swasta)  penerima Hibah Bersaing dari Kemenristek Dikti Jabar Banten. Masuk peringkat 411 Webomatrix dari 4.500 Perguruan Tinggi se-Indonesia dan Peringkat 235 Versi 4ICU dari 4500 Perguruan Tinggi se-Indonesia," pungkasnya.

Pelaksanaan Prosspek yang diketuai Dr. Rahayu Kusumadewi, M.Si dan juga dihadiri langsung Ketua YPPM Prof. Dr. H. A. Yunus, SH, MBA, M.Si ini pada hari pertama Prosspek, calom Mahasiswa Baru mendapatkan beberapa materi diantaranya tentang Pembangunan  dan Pengembangan Kampus UNMA, Mengemal Sistem Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Induatri 4.0, Penanggulangan Radikalisme, Terorisme dan Bahaya Narkoba sekaligus Deklarasi Anti Radikalisme serta Pengenalan PTIK dan UPT Perpustakaan. [Echa]


Ikuti Lintasan Berita via socmed:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU