Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

 

Fakultas Pertanian Universitas Majalengka (Unma) menggelar UNMA Coffe Fest 2018 yang diikuti para Petani Kopi di Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih, Majalengka, Jumat (29/6/2018)

 

Pelatihan agribisnis kopi yang bekerjasama dengan sustainable coffee of platform Indonesia (SCOPI), OJK (otoritas jasa keuangan) KR 2 Jabar, PT. BPD Jabar Banten ini bertujuan menjadikan petani Kopi yang profesional dalam agribisnis kopi ini

 

Dekan Faperta Universitas Majalengka Dr. Sri Ayu Andayani mengatakan sebanyak 30 petani kopi mendapatkan pelatihan yang dapat membuka peluang bisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani kopi dan perekonomian daerah.

 

"Mereka mendapatkan materi seputar industri keuangan yang dapat diakses oleh petani kopi dari OJK serta tentang kredit keuangan mikro dan transaksi keuangan melalui laku pandai dari BJB," papar Ayu kepada TINTAHIJAU.com.

 

Para petani yang ikut pelatihan agribisnis kopi ini juga mendapatkan materi dari SCOPI mengenai pengenalan kelembagaan SCOPI, pelatihan Cuping dan pelatihan panen. Yang juga dihadiri Dinas Pertanian dan BPP Lemahsugih.

 

"Kita juga sengaja menggandeng SCOPI karena mereka bisa mempromosikan dan meningkatkan kemitraan pihak swasta dalam komoditas kopi untuk mendapatkan peluang ekononi bagi petani, meningkatkan ketahanan pangan dan keberlanjutkan," pungkas Ayu. (Echa)

 

 

 

Dapatkan kilasan berita lainnya via:

 

Twitter: @TINTAHIJAUcom

Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU