Ratusan Calon Guru FKIP Universitas Majalengka Laksanakan PPL

Sebanyak 271 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka dilepas guna melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun akademik 2017/2018, di Auditorium Universitas Majalengka, Sabtu (20/1/2018).

Mereka akan melakukan PPL dari 22 Januari hingga 3 Maret 2018 mendatang. Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Bahasa Inggris dan Bahasa dan Sastra Indonesia itu melaksanakan PPL di sekolah tingkat SMA/SMK/MA serta tingkat SMP di wilayah Kabupaten Majalengka dan Luar wilayah Kabupaten Majalengka.

Dekan FKIP Univ. Majalengka Dr. H. Heri Rahyubi, M.Pd merinci jumlah mahasiswa yang ikut PPL dari Program Studi PJKR 193 mahasiswa, Program Bahasa dan Sastra Indonesia 31 mahasiswa dan Program Bahasa Inggris 47 mahasiswa. "PPL tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Majalengka tapi juga di luar kabupaten seperti di SMAN 1 Astanajapura, SMKN 1 Jatibarang dan SMAN 1 Losari dengan 27 Pembimbing," kata Heri

Heri berharap Mahasiswa yang melaksanakan PPL bisa mengenal secara cermat lingkungan fisik, administrasi, dan sosial psikologis sekolah tempat pelatihan Praktek Pengalaman Lapangan serta Menguasai berbagai keterampilan mengajar.

"Saya berharap Mahasiswa yang melaksanakan PPL juga  menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata. Mampu mengembangkan aspek pribadi dan sosial di lingkungan sosial sekolah serta menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalaman  selama pelatihan melalui refleksi dalam bentuk laporan," tuturnya

Wakil Rektor I UNMA DR. H.M. Muhamad Rakhmat SH, MH  mengaakan PPL merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi praktik, jelas Rakhmat, diharapkan mampu memotivasi masyarakat sekolah dalam usaha mengembangkan segala potensi yang dimilikinya, tegas Wakil Rektor.

"PPL ini merupakan kegiatan pelatihan bagi calon guru untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, keterampilan dalam proses pembelajaran secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata," kata Rakhmat. (Echa)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
Banner Kanan 6
Banner Kanan 4
Banner Kanan 1
Banner Kanan 5

Twitter Update

Ada Asian Games, Ini Jadwal Penutupan Jalan di Kabupaten Subang https://t.co/sCdmSuVglR
Puluhan Orang Masuk Rumah Sakit Setelah Konsumsi Miras https://t.co/OCfj8vg1C9
Dua Atlit Subang Berlaga di Asian Games 2018 https://t.co/soURafuymu
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page