Mantap! Mahasiwa Majalengka Sulap Air Tejun jadi Listrik

Mahasiswa Universitas Majalengka (Unma) kembali membuat inovasi baru. Kali ini, mereka menciptakan Pembangkit listrik  Mikro Hidro dengan mamanfaatkan air terjun.

Penemuan ini dilakukan oleh belasan mahasiswa Universitas Majalengka kelompok KKN PPM RISTEKDIKTI. Mereka memanfaatkan potensi Desa Wisata Mandiri Curug Muara Jaya Argamukti yang dijadikan tempat KKN sebagai temuan barunya.

Dengan bimbingan Tim Doni Susandi, ST, MT, Asep Rahnat, ST, MT, Kuswara, ST, MT dan Ii Supindi, ST, MT, sebanyak 17 Mahasiswa Unma sukses menciptakan Pembangkit Listrik dari Air Tejun.

Program yang digarap hampir 3 bulan tersebut memiliki dampak peningkatkan pendapatan masyarakat, Sebagai daya dukung aspek kepariwisataan (wisata baru) dan terjalinnya hubungan antar masyarakat. Rektor Universitas Majalengka Prof. H. Ir. Sutarman, M.SC menyatakankebanggan atas ciptaan mahasiswanya tersebut.

Dia mengatakan berawal dari dukungan UNMA terhadap para Dosen untuk melakukan penelitian dan pengembangan masyarakat sehingga munculah sekitar 37 judul yang dikirimkan ke Kemenristekdikti melalui Sistem Informasi Penelitian Masyarakat. "Dari 37 itu yang di Accdan dapat hibah dari Pemerintah sebanyak 17. 16 untuk penelitian dan 1 untuk penelitian dan pengabdian masyarakat. Dan Pompa Turbin Sebagai Pembangkit listrik  Mikro Hidro inilah 1 yang di Acc tersebut," jelas Rektor.

Berdasarkan penelitian Tim Pompa Turbin Sebagai Pembangkit listrik  Mikro Hidro, jelas Sutarman, air terjun muara jaya yang memiliki debit air 200liter/detik selama ini hanya digunakan untuk pertanian. Dengan debit air dan ketinggian yang cukup, bisa dimanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Air, walaupun lebih ke mikro hidro (air kecil).

"Dari 8000 Watt yang dihasilkan bisa untuk penerangan 20 titik selain lokasi wisata. Semuabyankita serahkan pada desa setempat selaku komunitas penggiat pariwisata. Yang jelas dari kami dan hibah dari pemerintah ini gratis untuk masyarakat,"

Sementara Ketua Tim Pompa Turbin Sebagai Pembangkit listrik  Mikro Hidro, Doni Susandi mengatakan penemuan pembangkit listrik ini, salah satunya dukungan masyarakat desa Argamukti, Perangkat Desa, Kompepar. "Kami sampaikan terimakasih kepada mereka. Juga terima kasih untuk Dinas Budaya dan Pariwisata Kab Majalengka yang telah membantu menyediakan rancangan sekaligus memberi masukan terkait dengan potensi kepariwisataan-nya," katanya



Like Socmed Kami:
Twitter @tintahijaucom
FB: Redaksi Tintahijau


Twitter Update

Cabuli Bocah Ingusan, Warga Palasah Majalengka ini Numpang di Rumah Teman https://t.co/3ciankwfWx
Pipin Chikal, Bidan Subang dengan Segudang Prestasi di Sirkuit https://t.co/GlLZhrdxXb
Jejak Seni Gembyung di Tengah Gempuran Musik Modern https://t.co/W41rm8gCiH
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page