Follow us:

Dua Parpol Lama di Subang Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

Dua dari 16 partai politik yang dilakukan verifikasi faktual pada beberapa hari lalu dinyatakan tidak memenui syarat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang memutuskan  Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan dan Bintang (PBB) tidak memenuhi syarat atau TMS. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Subang, Maman Suparman dalam Rapat Pleno Terbuka berkaitan penyampaian hasil verifikasi faktual partai politik di Kabupaten Subang yang diselenggarakan Hotel Lotus, Kamis (8/2/2018).

Rapat Pleno terbuka berkaitan dengan penyampaian hasil verifikasi faktual keanggotaan dan kepengrusuan  Partai Politik di Kabupaten Subang. "Hasilnya dari 16 partai politik 14 memenuhi syarat dan 2 partai politik tidak memenuhi syarat. Yaitu PKPI dan PBB," kata Ketua KPUD Subang Maman Suparman

Verifikasi Faktual yang dilakukan meliputi kepengurusan, keanggotaan dan keskretariatan parpol. PBB tidak mengikuti proses verifikasi sedangkan PKPI mengikuti proses tetapi seluruhnya tidak memenuhi syarat.

Keputusan ini akan disampaikan keKPU Provinsi Jawa Barat yang selanjutnyadiserahkan ke KPU RI. "Nanti KPU RI akan menetapkan pada 17 Pebruari 2018 sehingga kita akan akan tahu partai mana saja yang akan bisa mengikuti Pemilu 2019 nanti," katanya.

Sementara 14 Parpol yang dinyatakan memenuhi syarat adalah Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKS,  Gerindra, PPP,  PKB,  PAN,  Hanura, Nasdem,  Partai Garuda, PSI, Partai Berkarya dan Perindo

Sekadar diketahui, verifikasi faktual tersebut sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2018 atas perubahan PKPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Dalam PKPU yang baru ini, seluruh parpol wajib menjalani verifikasi faktual. Tidak terkecuali parpol lama seperti PKPI dan PBB yang baru dinyatakan MS setelah menjalani perbaikan.


Twitter Update

Cegah Pungli, Rekrutmen Buruh Harus Lewat Disnakertrans https://t.co/Nv4jGo83YF
Bedah Rumah TMMD, Elis Senyum Bahagia dengan Rumah yang Dulu Bilik Kini Berdiri Kokoh https://t.co/DIYzbRAmyW
Bantu TNI, Elis Jadi Tukang Aduk Saat Rehab Rutilahu TMMD https://t.co/QmZjazHdUQ
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page