FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Revisi Perda Waralaba jadi Kabar Buruk Pasar Tradisional

TINJAU SUBANG- Revisi Peraturan Daerah (Perda) No. 4/2010 tentang Waralaba yang saat ini digarap Pansus DPRD Subang dinilai menjadi kabar buruk bagi pasar tradisional.

Perubahan Perda tersebut terkait dengan perubahan Kemendag yang membebaskan quota minimarket. Di Subang, jumlah minimarket semula dibatasi hanya 150 titik. Meskipun nyatanya, jumlah minimarket sudah tembus angka 210 titik. Dengan perubahan Perda tersebut, keberadaan minimarket akan tidak terbatas.

Kondisi itu disesalkan anggota Pansus Waralaba dari PAN, Khaerul Anwar. Bobi, nama panggilan Khaerul Anwar, menyebutkan, dengan tidak dibatasinya quota minimarket, akan menjadi kabar buruk bagi pasar tradisional.

Karenanya, Bobi menegaskan, pihaknya akan memperketat terkait perizinan dalam persyaratan pendirian minimarket di wilayah Subang. "Ini akan menjadi kabar buruk bagi pasar tradisional. Upaya untuk melindungi pasar tradisional, mau tidak mau kita harus awasi dalam penegakkannya," kata Bobi kepada TINTAHIJAU.com, senin (26/10/2015)

Salah satu syarat yang tertera dalam Perda Waralaba sebelumnya, mengatur jam buka dan jarak dari pasar tradisional harus dipertahankan. Pemilik minimarket, tegas dia harus konsisten dan komitmen dalam penegakkan Perda Waralaba nanti.

"Kalau ada yang menyalahi aturan, Pemerintah jangan kompromi, langsung sikat," tandasnya.

Politisi PAN Subang menceritakan, dari hasil kunjungan kerja ke Garantalo pada beberapa waktu lalu, dirinya terkesima dengan konsep dan tata kelola pasar modern di Gorontalo. Secara pribadi, Bobi, lebih sependapat dengan konsep yang ada di sana.

"Di Gorontalo itu, ada dua supermarket. Tapi kita tidak ditemukan minimarket di sana. Jadi aktivitas warga terpusat, kalau tidak di supermarket mereka ke Pasar tradisional. Saya pribadi, lebih sependapat dengan konsep itu, untuk melindungi pasar tradisional," tandasnya. [annas nashrullah l @jejakannas]

foto: Anggota DPRD Khaerul Anwar

follow twitter @tintahijaucom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Berhubungan Intim Ternyata Bisa Sembuhkan Beberapa Penyakit Ini https://t.co/hxCe84oiRu
KITA Cirebon Dekalarasi di TPA Kopi Luhur Bersama Pemulung https://t.co/hi4twvotnY
Tok! DPRD Subang Sahkan APBD Perubahan 2020 https://t.co/GWuwEQfM1Y
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter