Disnaker Subang Warning Perushaaan Soal THR

TINJAU SUBANG- Tunjangan Hari Raya (THR) buruh di Subang akan dibayarkan 12 hari menjelang lebaran yaitu sekitar tanggal 26 Juli 2013. Hal tersebut berarti lebih awal dari yang disarankan pemerintah.

Ketua Aliansi Pengusaha Indonesia (Apindo), Cahyadi SH, Pembayaran THR akan dipercapat untuk memberikan keleluasaan untuk para buruh supaya mereka bisa mempersiapkan segala keperluan persiapan lebaran. Terutama bagi buruh yang mau mudik ke kampung halamannya.

"Pokonya mayoritas perusahaan industri di Subang akan memberikan THR kepada karyawannya yaitu 12 hari menjelang lebaran atau sekitar tanggal 26 Juli 2013," kata Cahyadi kepada TINTAHIJAU.com, Selasa (22/7/2013).

Menurut Cahyadi, lebaran tahun ini, cuti buat para buruh juga waktunya cukup panjang. Karena, rata-rata perusahaan mulai meliburkan karyawannya sejak 2 Agustus 2013 dan masuk kembali mulai 13-14 Agustus 2013. "Meski libur lebaran waktunya lebih cepat dan cukup panjang, tapi nggak akan mempengaruhi persiapan buat perusahaan-perusahaan yang berorientasi ekspor. Tugas mereka sudah selesai," ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang, Saad Abdul Gani, merinci saat ini, di Subang terdapat 107 perusahaan berskala besar, 180 skala menengah dan 220 skala kecil dengan jumlah pekerja sebanyak 64 ribu. "Saya sudah mengingatkan semua perusahaan yang ada di Subang bahwa, paling lambat THR itu harus dibayar pada H-7 karena aturannya sudah jelas," katanya.

Dirinya menjelaskan banwa untuk buruh dengan masa kerja satu tahun ke atas wajib mendapatkan THR satu kali gaji dan yang masa kerjanya kurang setahun diserahkan sesuai kebijakan perusahaan. "Aturannya sudah jelas, jika ada yang melanggar, pasti kami tindak sesuai Undang-undang,” tuturnya. [Warlan putra | @warlanPutra]


Banner Kanan 1
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
Banner Kanan 2
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Apakah Mundurnya Achmad Zaky dari Bukalapak Karena Ditarik Jokowi? https://t.co/fC49ZBpjdF
3 Menteri Jokowi Main Drama Anti-Korupsi, Ini Sindiran Mereka https://t.co/v5hLi0FtTd
HIV/AIDS Menggila, Akademisi: Selamatkan Generasi Subang https://t.co/h74FQoagic
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page