Belajar PLTMH, Malaysia Berguru ke Subang


Dalam kunjungannya tersebut, Shafie melihat sejumlah alat yang digunakan dalam proses PLTMH. Pada saat yang sama, pihak koperasi Mekarsari mengenalkan dan menjelaskan terkait pengelolaan listrik mikrohidro dan keuntungan yang diperoleh oleh masyarakat.

Mendengar penjelasan tersebut, Shafie optimistis, dengan penerapan tenaga listrik mikro hidro di negaranya itu akan membantu masyarakat pedalaman yang belum teraliri tenagah listrik. Tidak itu saja, dengan sistem yang diterapkan Koperasi Mekarsari, juga bisa membuat kemandirian ekonomi masyarakat di negaranya.

“Konsep listrik mikrohidro ini sangat cocok untuk daerah pedesaan karena selain berbasis teknologi sederhana, biaya operasionalnya juga lebih rendah dan keterlibatan masyarakat melalui koperasi telah terbukti berhasil” jelas Shafie di sela-sela kunjungannya ke Cinta Mekar.

“Hal ini tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan listrik, tetapi masyarakat akan memperoleh pendapatan melalui koperasi yang akan didistribusikan dalam bentuk bantuan pendidikan dan kesejahteraan," tambahnya.

Setelah kunjungannya tersebut Malaysia berencana mulai memperkenalkan program PLTMH ini tahun depan. Dengan penerapan program tersebut, kata Shafie, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 47 desa di Sarawak dan 29 desa di Sabah.

Sekedar informasi PLTMH Cinta Mekar dibangun pada 2004. Dalam pembangunnanya masyarakat dilibatkan mulai dari studi kelayakan, perencanaan, pembangunan, dan pembentukan organisasi untuk pengelolaan PLTMH.

Listrik yang dihasilkan PLTMH Cinta Mekar dinikmati gratis oleh masyarakat setempat dan sebagian dijual ke PLN. Hasil penjualan listrik tersebut dikelola oleh koperasi dan digunakan untuk pendidikan, beasiswa, kesehatan, pemodalan, infrastruktur desa, pengelolaan desa dan biaya rutin koperasi. [Budaian Yusuf | @budianaYusuf]

 

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Dalam Dua Hari, Dua PDP Meninggal Dunia di RSUD Cideres Majalengka https://t.co/PuiRfrosv5
Beginilah Pihak NASA Melindungi Astronot Saat Pandemi Corona https://t.co/HysOFZsS0q
Soal Sekolah Kembali Dibuka, KPAI: Berpotensi Munculkan Klaster Baru Corona https://t.co/Y4nKRphMdn
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter