FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Virus Flu Burung Terjang Unggas di Subang


Kabid Kesehatan Hewan Disnak Subang, Agus Sugama merinci pada tanggal 26 Juni ada 124 ekor ayam kampung dan 13 itik dilaporkan mati mendadak di Kampung Kiara Goong Desa Pabuaran Kecamatan Pabuaran. Dan pada tanggal 18 Juni dilaporkan ada 75 ekor ayam kampung mati mendadak dan di kampung Pendek pihaknya menerima laporan ada 1.400 ekor itik mati dari jumlah semula sebanyak 1.500 ekor.

"Kita sudah mendapat banyak laporan dari masyarakat, dan dari laporan tersebut ada beberapa tempat sudah kita lakukan pengecekan, dan hasilnya ada unggas yang terkena virus flu burung," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Subang, Agus Sugama kepada TINTAHIJAU.com, Selasa (2/7/2013).

Menurut Agus, dari hasil pemeriksaan di laboratorium ada beberapa unggas di Kecamatan Pabuaran dan Cipendey positif telah terjangkit virus flu burung. "Kita tinggal menunggu surat resminya saja, kalau pesan singkat dari laboratorium bahwa benar di dua Kecamatan tersebut positif telah terjangkit flu burung." Tuturnya.

Dari hasil di lapangan penyakit tersebut disebabkan oleh penyebaran bawaan dari pasar, oleh karena itu dinas peternakan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menjual hewan jenis unggas yang terlihat sakit."Saya mohon kepada masyarakat untuk Jangan menjual hewan yang sedang sakit ke pasar," katanya.

Penemuan virus flu burung tersebut berkat adanya laporan dari masyarakat yang melaporkan kepada dinas peternakan. Menindaklajuti laporan tersebut dinas peternakan langsung meninjau kelapangan untuk memberi penyuluhan dan pemeriksaan.

"Jika diwilayahnya ada hewan jenis unggas mati mendadak, segera laporkan kepada kami, lebih cepat lebih baik, supaya bisa langsung kami tangani," pungkasnya. [Warlan Putra | @warlanPutra]

 

Berita Selengkapnya Klik di Sini


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Aneh Bin Ajaib, Pohon Pisang Tumbuh di Dahan Pohon di Area Pemakaman https://t.co/WmOzWUkNAy
Inilah Alasannya Kenapa Pria Menyukai Payudara Wanita https://t.co/V597E2kgNZ
Temuan Fosil Ungkap Fakta Bahwa Dinosaurus Berjalan Mirip Ayam https://t.co/6aWFgZ4Xj7
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter