FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pemkab Subang Babat Pohon di Hutan Kota

TINJAU SUBANG- Dinas Tata ruang, pemukiman dan kebersihan (Tarkimsih) Subang menebang sejumlah pohon dia area hutan Kota, Ranggawulung, Subang. Aksi itu mendapat protes keras dari aktivis lingkungan hidup setempat.

Aktivis Keluarga Besar Pecinta Alam (KBPA) Kabupaten Subang, Gigin Fajar Sujalana menyatakan ada sekitar 5-6 pohon besar yang ditebang. Pohon-pohon yang dirobohkan itu memiliki lebar batang diameter antara 10 hingga 15 sentimeter.

Gigin menegaskan penebangan pohon di lokasi itu akan memprovokasi penebangan serupa di lokasi lain. Jika itu terjadi akan berdampak fatal dan mengundang bencana alam. Terlebih,sambung Gigin penebangan itu dilakukan pada sejumlah pepohonan yang tidak menggangu aktivitas pengguna jalan di kawasan itu.

"Padahal pohon di hutan tersebut berfungsi meminimalisasi polusi yang disebabkan oleh asap knalpot kendaraan. Bila hal ini tetap dibiarkan, saya  khawatir jika aksi serupa, kembali terjadi di kawasan tersebut," kata Gigin kepada TINTAHIJAU.com, Minggu (9/6/2013)

Kepala Dinas Tata ruang, pemukiman dan kebersihan (Tarkimsih) Subang Sumasna mengatakan penebangan pohon di hutan kota itu berkaitan dengan rencana pembuatan gerbang Gotong Royong. Menurut dia, untuk kebutuhan itu, pihaknya hanya menebang 3 buah pohon. Sementara sisanya terpaksa ditebang karena kondisinya sudah kropos yang dikhawtirkan roboh dan mengakibat pengguna jalan.

"Lahannya untuk bangun gerbang Gotong Royong, hanya 3 yang kena, lainnya karena udah keropos. SPK konstruksinya sudah keluar, sebentar lagi fondasi dibangun di sana. Untuk pohon yang keropos, kita tanam lagi gantinya," kata Sumasna.

Diturukan Sumasna, pemilihan lokasi gerbang Gotong Royong bukan tanpa alasa. Dari beberapa pilihan yang ada, hanya lokasi di titik penebangan pohon itulah yang milik pemerintah. "Lahan yang milik kita hanya di sana yang bisa digunakan, tempat lain milik masyarakat," jelasnya. [Warlan Putra | @warlanputra] *foto ilustrasi

 


Berita Selengkapnya Klik di Sini


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
Banner Kanan 4
Banner Kanan 5
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

HIV/AIDS Menggila, Akademisi: Selamatkan Generasi Subang https://t.co/h74FQoagic
Jelang Nataru, Polres Majalengka Amankan 1.264 Botol Miras dari Rumah Warga https://t.co/ebodiWAnU3
Innalilahi, 4 ODHA di Ciasem Subang Meninggal Dunia https://t.co/yme3L1oIoz
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page