FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Puluhan AKtivitas Galian C di Subang Ilegal

 

Kabid Pertambangan Umum, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Subang, Endang Koswara menyatakan, sejak 2012, Dinas Pertambangan dan Energi Subang sudah menghentikan pengeluaran izin penambangan atau galian c terhadap puluhan perusahaan. Namun, sampai sekarang mereka tetap beroperasi.

Endang menuturkan, saat ini dari puluhan perusahaan galian C yang beroperasi di Kabupaten Subang, hanya enam saja yang terdaftar. Ke enam galian C tersebut berada di Desa Nanggeng dan Cimayasari Kecamatan Cipeundeuy, serta Desa Tanjungwangi Kecamatan Cijambe, dan Desa Bojongloa Kecamatan Kasomalang.

"Dari sejumlah usaha galian C itu ada yang sudah habis masa depositnya, tapi izinnya masih berlangsung hingga Agustus nanti, kalau yang ilegal paling ada sekitar 20," kata Endang, Rabu (29/5).

Endang menyesalkan masih banyaknya usaha galian C yang beroperasi di Kabupaten Subang, seperti halnya usaha galian C di kawasan Ranggawulung, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Subang yang jelas-jelas sudah ditutup izinnya. "Kewenangan kami tentu hanya bersifat teguran dan perizinan. Untuk penindakan di lapangan tentu sudah bukan kewenangan kami," ujarnya.

Endang menambahkan, keberadaan galian C liar tersebut tentunya mengakibatkan kerusakan lingkungan. Seperti halnya banyak lubang bekas galian C yang terbengkalai di kawasan perbetasan Desa Gunung Sari dan Saradan, Kecamatan Pagaden. Untuk mencegah hal itu, Endang berharap agar bupati segera membentuk tim khusus untuk penanganannya. [inilah.com]


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

UMK Karawang Masih Tertinggi, Inilah Daftar Lengkap UMK 2020 di Jabar https://t.co/GJeiNk3M6g
SD di Majalengka Galang Dana Peduli Palestina https://t.co/EfgwVyL3LF
Petani di Pabuaran Subang Tewas Tersetrum Perangkap Tikus yang Dipasang Sendiri https://t.co/QRCVFzt50D
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page