FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Serapan Anggaran Rendah, DPRD Subang: TAPD Harus Tanggungjawab

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Memasuki bulan ke-11 penyerapan APBD SUbang  masih cukup rendah, atau baru sekitar 52.25%. DPRD menuding, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) harus bertanggungjawab.

Realisasi penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Subang tahun 2019 baru sekitar 52.25%. Rendahnya penyerapan ini berpotensi pada penyimpangan atau diviasi anggaran.

Jika diiurutkan berdasarkan capaian tiap OPD serapan terendah justru ada pada instansi yang selalu mendapatkan porsi anggaran terbesar yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan realisasi serapan baru 45,74 persen, Dinas Pemukiman Rumah Kimrum sebesar 35,5 persen, Dinkes 37,24 persen dan Dinas Ketahanan Pangan 23,56 persen pada pekerjaan fisik.

"Rendahnya serapan anggaran menurut saya selalu terjadi setiap tahun, dalam kondisi seperti ini saya berharap ketegasan bupati dan wakil bupati subang untuk dapat memecut semangat kerja OPD agar lebih optimal," kata Anggota DPRD Hendra Boeng Purnawan.

Politisi NasDem itu menuding, TPAD yang diketuai Sekda Aminudin harus bertanggung jawab atas rendahnya penyerapan anggaran tersebut. Tidak itu saja, TPAD diminta menghentikan kebiasaan lama, penyerapan anggaran di akhir tahun dalam setiap tahunnya

"Sekda selaku Ketua TAPD mestinya mampu berperan aktif juga melakukan monitoring terhadap rendahnya serapan anggaran yang terjadi setiap tahun dan di tahun 2019," tegasnya.

Peran aktif Sekda, kata Hendra,  bisa mendeteksi permasalahn dan penyebab terjadinya penyerapan anggaran rendah tersebut. Tidak itu saja, Aminudin harus beranimemberikan reward and funisment terhadap kepala OPD tersebut.

"Dan kalo mungkin sampai akhir tahun nanti masih ada OPD yang serapannya di bawah 70 persen, kepala dinas yang bersangkutan wajib meninggalkan jabatannya, ini penting karena rendahnya penyerapan anggaran tersebut akan berpengaruh terhadap DAK dan anggaran lainnya dari pusat ditahun yang akan datang," paparnya


FOLLOW SOCMED:
Facebook: REDAKSI TINTAHIJAU
IG & Twitter: TINTAHIJAUcom
 

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Majalengka 24 November, Cek Lokasinya di Sini https://t.co/axrOvlaAzm
Gempa M 5,4 Terjadi di Halmahera Barat, Walau Tidak Berpotensi Tsunami Namun Harus Tetap Waspada https://t.co/2pzrPn4DkU
Jadwal Pemadaman Listrik di Subang Pada 26 November 2020 https://t.co/4aWb1Msvxs
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter