Ada Keputusan MA, Paripurna DPRD Tentang Pencabutan 4 Perda Subang Dibatalkan

TINJAU SUBANG- Rapat paripurna dengan agenda pencabutan atau pembatalan empat Peraturan Daerah (Perda) gagal mengambil keoutuskan. Ini terjadi karena adanya keputusan MA terait prosedur pebatalan Perda.

Rapat Paripurna DPRD yang digelar pada Jumat (7/4/2017) malam mengagendakan pembatan atau pencabutan empata Perda, yakni Perda tentang Irigasi, Perda Nomoro 3/2013 tentang Usaha Tenaga Listri, Perda Nomor 9/2006 tentang Pengelolan Usaha dan gas Bumi, dan Perda Nomor 12/201014 tentang usaha pertambangan mineral bentuk logam.

Usai Ketua Pansus Acep Mulyana membacakan hasl kerjanya, Politisi PAN Khaerul Anwar meginterupsi untuk tidak mengambil keputusan sebeum dilakukan kajian setelah ahirnya aturan baru MA. "Tadi pagi, dalam sebuah berita menyebutkan Perda dapat dibatakan atau dicabut hanya oleh MA, kiranya pimpinan tidak memutusukan terlebih dahulu soal pencabutan 4 perda ini," kata Haerul ANwar.

Atas usul itu, Pimpin Sidang Hendra PUrnawan mengamini. Sidang diskors 15 menit. "Terkait dengana danya aturan baru, sidang kita tunda sampai waktu akan ditentukan kemudian hari," kata Hendra.

Mahkamah menyatakan aturan mekanisme pembatalan peraturan daerah (perda) kabupaten/kota oleh gubernur dan mendagri inkonstitusional alias bertentangan dengan UUD 1945. Pasal 251 ayat (2), ayat (3), dan ayat (8) serta ayat (4) sepanjang frasa ‘...pembatalan Perda Kabupaten/Kota dan peraturan bupati/walikota sebagaimana dimaksud ayat (2) ditetapkan dengan keputusan gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat.

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama 45 Pemkab dan seorang warga negara mempersoalkan puluhan pasal dalam UU Pemerintahan Daerah terkait penerapan prinsip otonomi daerah yang sifatnya terbatas, bukan otonomi seluas-luasnya.

Plt Bupati Imas Aryumnigsih tidak mempermasalahkan dengan ditundanya keputusan tersebut. Sebaliknya, Imas menyebt ini lebih baik ketimbang menjadi bomerang di kemudian hari. "Tidak apa-apa, ini lebuiiiiiiiiih bagus daripada nanti ada apa-apa," katanya.



____
Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Iklan & Proo: 089624350851



Twitter Update

Gubernur Anies: ASN Bukan untuk Dimusuhi tetapi Dibina https://t.co/Rtit2O2yEj
Maju dari Perseorangan, Endang Kosasih Data KTP Dukungan https://t.co/OpkB3dQTWk
Pemuda Subang, Novan Husein Bidik Kursi DPR RI https://t.co/QQ4297QmUd
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page