FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

BAZNAS Subang Keluarkan Keputusan Nominal Zakat Fitrah

TINJAU SUBANG - Menjelang datangnya bulan suci ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Subang mulai mensosialisasikan ihwal besaran nilai zakat baik beras maupun uang ke sejumlah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di tiap kecamatan.

Ketua Baznas Kabupaten Subang, Anang Jauharuddin mengatakan, zakat fitrah tahun 2016 M/1437 H sebesar 2,5 kg atau Rp25.000 per jiwa. Sementara untuk infaq yang ada dalam program Bulan Infaq Shodaqoh Seluruh Warga (BIS SURGA) sebesar RP2.000.

“Itu berdasarkan rapat pengurus BAZNAS Kabupaten Subang dan pertimbangan dari Ulama yang hadir dan mengacu pada harga beras tertinggi dan terendah dari Disperindagsar Kab. Subang," ujar Anang.

Dikatakan, harga beras di setiap daerah berbeda–beda, sehingga dalam kupon zakat fitrah ada kalimat atau disesuaikan dengan harga pasar di UPZ Kecamatan yang berarti bahwa harga beras standar BAZNAS Kabupaten Subang Rp10.000/ kg, tetapi bisa saja di pantura lebih rendah atau di selatan lebih tinggi.

"Untuk itu UPZ Kecamatan di Kabupaten Subang bisa menentukan besaran zakat fitrah di wilayah kecamatan masing–masing. Yang terpenting masyarakat muslim bisa melaksanakan kewajiban zakat fitrah, tentunya ibadah wajib yang satu tahun sekali ini lebih baik menggunakan beras bagus yang harganya Rp10.000/Kg," katanya.

Pihaknya berharap bahwa bulan Ramadhan 1437 H kali ini sebagai awal dari masyarakat muslim, khususnya para aghnia yang telah cukup syarat menjadi Muzzaki untuk menitipkan zakat maalnya kepada lembaga zakat resmi seperti BAZNAS dan UPZ. "Sehingga bisa melaporkan zakatnya sehingga secara administrasi bisa lebih baik," tuturnya.

Pembinaan Baznas Subang ini dilakukan pada acara koordinasi UPZ Kecamatan Jalancagak dengan UPZ Desa yang berada di wilayah Jalancagak yang dihadiri oleh Ketua UPZ Kecamatan Jalancagak, Kepala KUA Kecamatan Jalancagak, Sekmat Jalancagak dan perwakilan pengurus UPZ Desa se–Kecamatan Jalancagak.


TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Mengenaskan, Berbalut Kain Lusuh Seorang Nenek Renta Ditemukan Lemas Bersama Kucing dan Ayam https://t.co/QC3FfsDEj2
Dicekoki Miras, Gadis Belia Ini Diperkosa Kini Hamil https://t.co/3dETYc0cIc
Inilah Cara Mendidik Anak Agar Berani Menyampaikan Pendapat https://t.co/U350nxjhVW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter