FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

KPM Bergerak, Desa di Jabar Bisa Saingin Korea

TINJAU CIATER- Keberadaan Kader Penggerak Masyarakat (KPM) yang dibentuk di masing-masing Desa bukan sebagai pelengkap. Sebaliknya, harapan ideal adanya KPM mampu menjadi motor penggerak partisifasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan dan Partisipasi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Jabar Budi Setiadi di sela-sela Diklat KPM di Lembah Sarimas, Ciater, Subang.

"KPM ini memiliki fungsi dan peran, diantaranya mempercepat pembaharuan, advokasi terhadap kebijakan, memotivasi warga, dan berpartisifasi dalam pembangunan desa," kata Budi kepada TINTAHIJAU.com.

Budi memaparkan, Korea bisa besar dan maju, salah satunya adalah menerapkan Gotong Royong dan partisipasi masyarakat. Modal inilah, yang membuat Korea mampu mengalahkan Jepang. "Korea menerapkan semangat Gotong Royong. Mereka besar dan maju, karena karena mampu mencetak kader di desa-desa. Kita harapkan KPM ke depan seperti itu," jelasnya.

Teknisnya, KPM mampu membaca, menganalisasi, dan menemukan solusi terhadap masalah yang ada. Dari hasil advokasi itu, selanjutnya bisa dilakukan tindakan nyata, sebagai bagian solusi.

"Jika KPM itu mampu memerankan fungsinya, capaian pembangunan desa akan lebih cepat terwujud. Ke depan, setalah Diklat ini, kita akan kontrol misalnya melalui supervisi atau lainnya, ini untuk melihat optimalisasi peran mereka," jelasnya.

Diklat KPM ini digelar selama tiga hari hingga Rabu mendatang. Diklat tersebut melibatkan 620 anggota KPM di Jabar dengan dua Gelombang. Ratusan kader ini akan digembleng materi seputar pelatihan pemberdayaan masyarakat dan sikap dan karakter relawan serta pengetahuan pemerintah desa. Mereka dibimbing tim dari Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Jogja. [Annas Nashrullah | @JejakAnnas]

follow twitter @tintahijaucom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Astronom Temukan Lubang Hitam Rakus yang Bisa Melahap Matahari https://t.co/8hHEGnjrFV
Mangrove Gegara Menyan Jadi Wisata Andalan di Subang Pantura https://t.co/F0XK8jhkYz
Ingin Kuat Gowes? Konsumsi 5 Makanan Ini https://t.co/CydNevcZTk
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter