FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bupati Subang: Program Yess Akan Lahirkan Petani Milenial Berkualitas



SUBANG, TINTAHIJAU.COM - Bupati Subang H. Ruhimat menyambut baik dan optimis Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas.

Hal ini sampaikan saat menerima kunjungan perwakilan kementerian pertanian di Lokasi Pusat pengembangan ketahanan Pangan Subang, Kecamatan Serangpanjang, Selasa (1/5/2021).

Ruhimat menilai bahwa program YESS ini bukan hanya mendidik, melatih bidang pertanian tetapi tuntas hingga ke marketing dan diharapkan bisa berkolaborasi dengan stakeholder demi regenerasi petani sekaligus memperbaiki taraf kehidupan petani. "Program YESS ini, Kabupaten Subang siap  all out " tegasnya

Dia menuturkan daripada menganggur, lebih baik terjun ke dunia pertanian yang tentunya harus mengubah pola pikir mereka tentang pertanian yang identik dengan usaha yang tidak bergengsi. "Saya ingin ada peningkatan pendapatan masyarakat dan tinggal kembali pada kemampuan dan kemauan," katanya

BERITA LAINNYA:
Sebanyak 2.240 Peserta Lolos Menjadi Petani Millenial di Jawa Barat, Lahannya Bagaimana?
Bupati Optimistis Program Yess Diminati Anak Muda Subang
Al-Mizan Jatiwangi Majalengka Pelopori Petani Milenial di Kalangan Pesantren

Diakuinya banyak komoditas yang bisa digarap oleh milenial Subang sesuai dengan kondisi lahan dan sumber daya alam yang ada. Untuk persawahan misalnya, Kabupaten Subang merupakan kantong produksi beras terluas di Jawa Barat setelah Indramayu dan Karawang.

Berdasarkan data statistik tahun 2019, Subang memiliki luasan sawah dengan produksi 84.570 hektare dengan produksi padi 942.932 Ton gabah kering giling atau setara 540.960 ton beras.

"Di kawasan Serangpanjang ini saja ada potensi luasan 6 ribu hektare yang bisa dimanfaatkan untuk integrated farming, Tak hanya itu bisa juga dimanfaatkan untuk kebun buah alpukat, manggis, pisang yang bisa ditumpangsari dengan tanaman tahunan seperti lada dan vanilla untuk meningkatkan pendapatan petani," paparnya

Karena itu, dirinya membuka peluang kolaborasi dengan program YESS bagi milenial Subang. Bahkan Bupati menargetkan setidaknya 30 persen dari total 4.985 orang bisa menjadi wirausahawan muda pertanian yang berkelanjutan yang berasal dari Subang.

"Adanya YESS ini kami optimis regenerasi petani di Subang bisa terjadi. Bahkan banyak SDM Subang yang menganggur, tetapi di sisi lain banyak petani yang sudah berusia lebih dari 50 tahun," tandasnya.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.




TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

16 Oktober Diperingati Hari Pangan Sedunia, Simak Sejarahnya https://t.co/5DxI6yFA6b
Bali Diguncang Gempa M 4,8 Pagi Ini, 3 Orang Dilaporkan Tewas https://t.co/WdRxCZe6rT
Jadwal Sholat Fardhu untuk Wilayah Subang Pada 16 Oktober 2021 https://t.co/hZA04JF4FW
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter