FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Bangun Alun-alun Terakota, Pemkab Majalengka Siapkan Rp7,7 Miliar

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.COM - Bupati Majalengka, Karna Sobahi menyatakan akan membangun Alun-alun Terakota di Jatiwangi sebagai identitas baru Majalengka.

Sebagai tindak dari keinginan menjadikan Terakota sebagai ciri khas Mmajalengka, Pemkab akan membangun, diantaranya Alun-alun Jatiwangi yang merupakan pusat terakota.

Untuk membangun Alun-alun Jatiwangi itu, Pemkab akan menyiapkan Rp7.7 miliar. "Diawali dari alun alun, TIC, berikutnya setiap kantor nanti akan dibuatkan pagar dengan karakteristik dengan Terakota, nanti juga termasuk alun alun Jatiwangi akan dibangun dengan penuh terakota dengan nilai anggaran Rp7,7 M," kata Bupati Majalengka karna Sobahi

Terakota merupakan kata lain dari inovaso produk dari bahan tanah liat. Terakota di Majalengka ini berpusat di Jatiwangi dengan industri genting yang sempat berjaya pada medio tahun 1990-an sampai 2000.

BACA JUGA; Jaga Eksistensi Genting, Bupati Berambisi Jadikan Terakota Sebagai Ciri Khas Majalengka

Industri genting Jatiwangi dipelopori oleh H. Umar Bin Ma'ruf untuk atap masjid di Dusun Cikarokrok, Kabupaten Majalengka, pada 1905. Dari situ, genting Jatiwangi terus menanjak, bahkan menjadi buah tangan dan bagian penting pembangunan kota- kota di Indonesia.

Potensi ini harus tetap terpelihara dan dijaga agar tidak kalah saing dengan produk serupa yang lebih praktis, seperti asbes dan genting spandex.

Salah satu upayanya, Bupati Majalengka berencana akan menjadikan Terakota sebagai ciri khas Majalengka untuk menjaga semangat dan nilai nilai terakota. "Saya dengan Wabup berdiskusi bagaimana agar terakota ini di aplikasikan sebagai ciri khas di Majalengka," kata Bupati Karna

Bupati menyakini dengan adanya konsistensi Kebijakan terakota akan menjadi produk dan daya tawar yang tinggi. "Insyaallah, Terakota akan menjadi ikon Majalengka," pungkasnya

Photo: Perempatan Jatiwangi Majalengka (matatinta)

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Total 2.980 Kasus, Ini Sebaran Covid-19 di Majalengka https://t.co/NoYl1dK0Ne
Tok! Mulai 25 April Besok WNA dari India Dilarang Masuk RI https://t.co/M9IReLwkVo
Satlantas Polres Majalengka Buru Pemotor Knalpot Brong https://t.co/vGZ325FrM2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter