FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Jika Terjadi Kasus KIPI Pasca Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Siap Tanggung Semua Biayanya


SUBANG, TINTAHIJAU.com - Program vaksinasi Covid-19 memang telah dilakukan, untuk permulaan, program tersebut diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Namun demikian, sebagian masyarakat masih merasa khawatir terkait munculnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Namun demikian, baik BPOM maupun para ahli kesehatan di tanah air telah menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 dengan Sinovac tidak berbahaya dan sangat kecil sekali kemungkinan adanya KIPI. Selain itu Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) mengatakan, apabila ditemukan KIPI usai vaksinasi COVID-19, maka pemerintah akan menanggung biaya perawatan efek samping yang dialami pasien.

BACA JUGA:
4.070 Nakes Jabar Sudah Dilakuan Vaksinasi Covid-19
Vaksinasi Tahap Pertama di Subang Sebanyak 4.300 Orang
Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 via WhatsApp Sementara Hanya untuk Nakes

Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi IX DPR RI pada Selasa (19/1/2021) Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas KIPI menjelaskan, pembiayaan kasus KIPI imunisasi rutin telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan yaitu PMK Nomor 12 tahun 2017.

"Bahwa biaya investigasi di lapangan, oleh pemerintah pusat, pembiayaan oleh APBD, oleh APBN juga melalui DAU (Dana Alokasi Umum) atau melalui sistem pembiayaan yang berlaku sesuai peraturan perundang-undangan," seperti dikutip dari siaran RDPU di Youtube Komisi IX DPR RI Channel.

Dalam pemaparannya, Hindra juga mengungkapkan untuk pembiayaan kasus KIPI imunisasi COVID-19 telah terdapat di Perpres Nomor 99 tahun 2020 yang sedang dalam tahap revisi.

Disebutkan bahwa bagi pasien yang mengalami gangguan kesehatan yang diduga akibat KIPI akan menerima pengobatan dan perawatan selama proses investigasi dan pengkajian kausalitas KIPI berlangsung dan semua biaya akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Cerita Dibalik Kelahiran Tanggal 9 Maret Sebagai Hari Musik Nasional https://t.co/a0VDFecSKR
Kaesang Akhirnya Buka Suara Terkait Hubungannya dengan Felicia https://t.co/wMrVAVhCMk
OPINI: Kesetaraan Gender dalam Bingkai Kebersamaan https://t.co/QzsJfd1Ra9
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter