FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Pemkab Purwakarta Tuntaskan Pembangunan Infrastuktur

Indeks Artikel

PURWAKARTA, TINTAHIJAU.com - Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta telah menyiapkan langkah-langkah strategis agar keuangan daerah tidak terlalu terganggu secara signifikan.

Salah satu langkah diambil, yakni dengan melakukan efisiensi belanja barang jasa dan belanja modal. Hal ini, juga merujuk pada SKB yang mengamanatkan setiap Pemerintah Daerah baik itu Provinsi maupun Kabupaten dan Kota untuk melakukan efesiensi.

Seperti di Kabupaten Purwakarta, sejauh ini ada beberapa instansi yang lebih banyak melakukan proses belanja barang jasa dan modal. Sebut saja di antaranya, Dinas PU, Binamarga dan Pengairan (DPUBMP). Namun, dengan adanya pandemi, Dinas terkait terpaksa harus turut melakukan rasionalisasi anggaran yang sebelumnya terencana.

Meski demikian tak urung Dinas tersebut dapat menyelesaikan pembangunan 10 titik jalan di sejumlah wilayah dengan total panjang sekitar 10 KM, sejumlah sistem irigasi dan 1 jembatan. Dalam hal ini, Dinasnya juga melibatkan TNI dalam pembangunan sejumlah ruas jalan dengan program Karya Bakti TNI.

Kepala DPUBMP Kabupaten Purwakarta, Ryan Oktavia mengakui hal itu. Sebenarnya, kata dia, di 2020 ini jajarannya telah merencanakan 17 program dan 177 kegiatan yang menyangkut penataan infrastruktur. Hanya saja, karena terjadi pandemi Covid-19, terpaksa banyak program yang sudah terencana itu harus dipending pengerjaannya.

"Sebelum terjadi pandemi, alokasi anggaran yang kita usulkan untuk kegiatan-kegiatan tersebut disepakati Rp 132 miliar. Itupun, bukan hanya bersumber dari APBD Kabupaten saja. Melainkan, akumulasi dari bantuan Provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK),” ujar Ryan, Kamis (3/12/2020).

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Sering Duduk Seharian di Kasur Karena WFH? Ini Tips Agar Tidak Cepat Pegal https://t.co/byDGs7erJS
Anggota DPRD Subang Tantang Kades Pepe Kembalikan Marwah https://t.co/8F2KDKqILI
Sejumlah Masalah Ini Ternyata Bisa Diselesaikan di Atas Ranjang https://t.co/EU5dpWiz7e
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter