FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Indonesia Datangkan TKA dari China, Ini Alasan Luhut

Indeks Artikel


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan alasan penggunaan tenaga kerja asing (TKA) asal China dalam proyek strategis nasional (PSN).

Ia menyampaikan penjelasan tersebut di hadapan ratusan ekonom yang hadir dalam acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom pada Selasa (15/9/2020).

Luhut berdalih penggunaan TKA China menjadi pilihan karena tenaga kerja lokal di kawasan proyek yang sedang digarap masih berpendidikan rendah.

BACA JUGA:
Luhut Puji Prabowo Orang Baik dan Rasional
Patimbang Proyek Strategis, Luhut: Jangan Coba-coba Ganggu

"Kita lihat banyak daerah-daerah (penghasil sumber) mineral kita pendidikanya tidak ada yang bagus," kata Luhut dikutip dari Kompas.com pada Selasa (15/9/2020).

"Jadi, kalau ada banyak yang berteriak tidak pakai (tenaga kerja) kita, lah penduduk lokalnya saja pendidikannya enggak ada yang bagus. Misalnya saja matematika rendah."

Luhut memastikan, ketika adanya investasi asing masuk ke Indonesia dan ingin mengelola sumber daya alam, harus mengikuti beberapa aturan.

Pertama, harus ramah lingkungan. Karena itu, ia meminta kepada investor untuk menggunakan teknologi canggih.

Kedua, transfer ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi atau transfer knowledge. Luhut mengklaim hak ini menjadi mimpinya.

"Transfer teknologi, itu mimpi saya. Kita harus selalu bicara dengan orang luar harus ada transfer teknologi. Enggak boleh dong dia hanya ambil saja," katanya.

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Ketua Satgas Corona: Carrier Jauh Lebih Berbahaya Daripada Corona https://t.co/wM8EzFOQv0
Acha Septiasa Sempat Dikarantina 2 Kali, Ini Kisahnya https://t.co/Y3z0G4rzyD
Teknologi Biometrik Buatan Anak Bangsa Ini Tembus 25 Besar Terbaik Dunia https://t.co/D0Jm0hbcEc
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter