FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Soal Pajak Pesepeda, Ini Penjelasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan membantah informasi yang menyebut akan ada aturan terkait pajak sepeda. Pemerintah saat ini justru akan membuat regulasi yang akan mengatur sisi keselamatan pesepeda.

"Tidak benar. Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda. Yang benar adalah kami sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda," ungkap Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Selasa (30/6).

Adita menuturkan aturan untuk keselamatan pesepeda perlu dibuat. Pasalnya, saat ini banyak masyarakat yang menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi di era new normal.

BACA JUGA:
Kreuz, Sepeda Lipat Mirip Brompton Racikan Barudak Bandung
Ternyata Ini yang Bikin Sepeda Brompton Harganya Mahal
Walau Punya Bentuk Serupa, Ini Perbedaan Sepeda Kreuz dan Brompton

"Dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru memang ada peningkatan jumlah pesepeda terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta," ujar Adita.

Oleh karena itu, Kemenhub perlu membuat aturan untuk menjaga pengguna sepeda di jalan umum. Beberapa hal yang akan diatur, seperti alat pemantul cahaya bagi pesepeda, jalur sepeda, dan penggunaan alat keselamatan lainnya.

Adita bilang sepeda sebenarnya masuk dalam kategori kendaraan bermotor bila mengacu dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Oleh karena itu, aturan bagi keselamatan pesepeda bisa dibuat oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Pada prinsipnya kami sangat setuju ada aturan penggunaan sepeda, mengingat animo masyarakat yang sangat tinggi harus dibarengi dengan perlindungan terhadap keselamatan pesepeda," jelasnya.

Kemenhub, tambah Adita, akan mendorong pemerintah daerah membuat aturan mengenai keselamatan pesepeda. Minimal, pemerintah daerah harus menyiapkan infrastruktur jalan dan ketentuan lain yang mengatur pesepeda di jalan.

Sumber: CNN Indonesia | Foto: Istimewa

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Bukan iPhone 13, Apple Akan Gunakan Nama Ini untuk iPhone Seri Mendatang https://t.co/AgFmp1YfRQ
Komunitas Rantau Majalengka Korwil Pasundan Kirim Bantuan untuk Korban Longsor Sumedang https://t.co/jC6jBAR1IM
Fakta di Balik Tewasnya Perempuan asal Subang di Denpasar Bali https://t.co/bRDK9xK66s
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter