Jaga Bahasa Ibu, Wabup Subang: Aktifkan Lagi Rabu Nyunda

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Bahasa Ibu mulai tergerus. Secara perlahan tapi pasti, bahasa ibu ditinggalkan oleh generasi muda sebagai bahasa pengantar.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mengingatkan pentingnya menjaga ibu atau bahasa sunda. Dengan demikian, dia meminta penggunaan bahasa sunda setuap haru Rabu atau Rabu Nyunda kembali diaktifkan

"Harus tetap terjaga. Boleh kita menggunakan bahasa Indonesia, tapi jangan sampai betul-betul kita melupakan bahasa Ibu. Sehingga perlu kembali diaktifkan penggunaan bahasa Sunda ini minimalnya seminggu sekali," kata Wabup di sela Peringatan Hari Bahasa Ibu di Graha Shofia SUbang

BACA JUGA: Disdik Subang Wacanakan Jam Wajib Belajar Malam Bagi Siswa

Peringatan Hari Ibu, kata Agus sebagai ikhtiar dalam memelihara kelestarian Bahasa Sunda melalui acara peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional.

Dengan peringatan seperti ini tentu banyak hal yang kita lakukan memberikan motivasi untuk anak-anak kita untuk belajar bahasa sunda.

"Melalui peringatan ini bisa memberikan suatu motivasi bahwa Basa Sunda merupakan bahasa indungnya orang Sunda," imbuhnya

Salahs eorang Guru SMPN 4 Subang, Risnawati mengatakan kurangĀ  berkembangnya bahasa Sunda karena kurangnya perhatian di lingkungan terhadap penggunaan bahasa Sunda di lingkungan keluarga.

"Termasuk penggunaan bahasa Sunda di lingkungan sekolah. Oleh karena itu diperlukan penguatan tenaga pendidikan dalam menguasai Bahasa Sunda," katanya.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom


TRENDING TOPIC

Banner Kanan 1
TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Pemkab Subang Akan Lakukan Rapid Test kepada 2 Ribu ODP https://t.co/WMbUGvYjAN
3 Posisi Bercinta Ini Dipercaya Bisa Lahirkan Anak Perempuan https://t.co/3YhWio0A6E
Anggota DPRD Monitoring Pencegahan Corona di Kecamatan Ciasem Subang https://t.co/D6RMRXqFEE
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page