Dinkes Jabar Tunjuk RSUD Ciereng Subang jadi Rujukan Pasien Terindikasi Corona

BANDUNG, TINTAHIJAU.com - Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar menyiagakan tujuh rumah sakit (RS) untuk mengantisipasi pasien yang terindikasi terjangkit virus Covid-19 atau Corona.

Ketujuh RS itu semula merupakan rujukan penyakit infeksi saluran pernapasan, seperti flu burung. Namun, kini disiagakan untuk mengantisipasi wabah virus corona. Penyiagaan ketujuh RS berdasarkan ketetapan Kementerian Kesehatan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Jabar, Marion Siagian menyebutkan, ketujuh RS tersebut, yakni RSUP Hasan Sadikin atau RSHS Bandung, RS Rotinsulu Bandung, RSUD Indramayu, RS Gunung Jati Kota Cirebon, RSUD Syamsudin Kota Sukabumi, RSUD Subang, dan RSUD Garut.

BERITA LAINNYA:

RSUD Ciereng Subang Siapkan Kamar Khusus untuk Pasien Corona

RSUD Cideres Majalengka Siaga Pasien Coronavirus

Inilah Fakta-fakta Teranyar Tentang Virus Corona

Meski hanya tujuh RS rujukan yang disiagakan, namun Marion meyakinkan, pihaknya tetap menyiapkan seluruh RS di Jabar untuk menerima dan menangani pasien rujukan dalam upaya antisipasi penyebaran virus corona di Jabar.

"Rujukan dilakukan jika RS tersebut tidak mampu menampung karena ruang isolasi yang terbatas. Sesuai dengan kelas rumah sakitnya, mereka bisa merujuk ke RS-RS yang memang ruang isolasinya ada," jelas Marion di Bandung, Kamis (13/2/2020).

Marion melanjutkan, di Provinsi Jabar, terdapat 362 RS berbagai tipe. Semua RS yang ada tersebut, wajib memahami penanganan pasien yang terindikasi terjangkit virus corona. Oleh karenanya, Dinkes Jabar pun telah memberikan sosialisasi kepada pihak RS yang ada di Jabar tersebut.

"Kami dan tim ahli sudah memberikan sosialisasi terkait virus corona kepada semua RS, sehingga nantinya mereka siap jika ada kasus-kasus dalam penanganan pasien, dalam pengawasan maupun pemantauan untuk dirawat di rumah sakit," jelasnya.

Marion juga memastikan, Dinkes Jabar terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait virus corona, baik melalui media massa maupun media sosial, agar seluruh masyarakat Jabar memahami virus corona, termasuk cara pencegahannya. https://jabar.sindonews.com/read/18004/1/antisipasi-wabah-corona-pemprov-jabar-siagakan-7-rs-rujukan-1581598969"Bahkan, tidak hanya infeksi covid-19, tapi semua infeksi dengan melakukan promosi kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengimbau seluruh warga Jabar menerapkan pola hidup sehat guna menangkal penyebaran virus corona di Jabar.

Ridwan Kamil juga meminta masyarakat, termasuk media massa untuk melawan penyebaran berita bohong (hoaks) terkait virus corona yang dapat menimbulkam kegaduhan.

Dia menyatakan, hingga saat ini, tidak ada warga Jabar yang terpapar virus corona dan memastikan bahwa Pemprov Jabar terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan data akurat terkait virus yang telah merenggut lebih dari seribu nyawa di China ini.

Sumber: SINDOnews

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
YT & Twitter: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Jubir Gugus Tugas Sesalkan Obyek Wisata di Karawang Diserbu Wisatawan https://t.co/LMahxn7zV7
Bedug Sebagai Simbol Akulturasi Agama dan Budaya Lokal https://t.co/2ELjmTaJS7
Hadapi Arus Balik Saat Pandemi Covid-19, Polda Jabar Perketat Wilayah Perbatasan https://t.co/QBubkbA1v2
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter