FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ujian Nasional untuk SD Resmi Dihapus Tahun 2020



Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) tingkat sekolah dasar (SD) tak lagi diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai 2020.

"Mulai tahun 2020 ini untuk tingkat SD tidak ada lagi USBN, namun mengacu pada Permendikbud 43/2019 maka ujian untuk tingkat satuan pendidikan diserahkan pada sekolah masing-masing," kata Kepala Seksi Pembelajaran Subdit Kurikulum Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Setiawan, seperti yang kami lansir melalui Antara pekan ini.

BACA JUGA:4 Reformasi di Dunia Pendidikan A la Nadiem Makarim

Pengelola SD, kata dia, dapat menggelar ujian mandiri dengan soal yang disusun berdasar kebutuhan sekolah. Saat ini, tercatat SD di Indonesia mencapai 140.805 unit.

Setiawan menyebut, Kemendikbud tak membuat kebijakan apapun terkait penyelenggaraan ujian nasional. Kebijakan ujian akhir di SD diserahkan kepada masing-masing sekolah.

Penghapusan UN bagi siswa SD, diklaim merupakan salah satu poin dari misi Mendikbud Nadiem Makarim bertema 'Merdeka Belajar'.

"Semuanya diserahkan sekolah, sekolah yang memiliki kewenangan untuk menilai siswanya," ujar dia.

Menurut dia, ujian yang digelar oleh satuan pendidikan merupakan penilaian hasil belajar yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

BACA JUGA: Inilah Kebijakan 'Kampus Merdeka' Nadiem Makarim

Bentuk ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dapat berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan satuan pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Mulai tahun ini, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menghapus Prosedur Operasional Standar (POS) USBN. Hal itu dikarenakan kewenangan USBN diserahkan ke sekolah atau dengan kata lain sekolah harus membuat soalnya sendiri.

Sumber: Trito.id | Foto:  ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz/

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom



TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Puluhan Mobil Hunter Polres Majalengka Disiapkan Buru Warga Tak Pakai Masker https://t.co/T04PkMJ395
Asep Rochman Dimyati Resmi Pimpin APINDO Subang https://t.co/WlGokBlfyu
Jokowi Gunakan Bahasa Indonesia Saat Pidato Perdana di Sidang PBB https://t.co/XB08t7ZksA
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter