FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Ratusan Kades di Majalengka Ikuti Pengawasan Pra Pelaksanaan Post Audit Dana Desa

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Sebanyak 131 Kepala Desa di Majalengka mengikuti pengawasan pra pelaksanaan post audit dana desa tahun 2019, di di Aula Kokardan Majalengka, Kamis (16/1/2020)

Kegiatan yang digelar Inspektorat Daerah Majalengka ini dalam rangka antisipasi terjadinya korupsi di lingkungan pejabat pemerintaha desa. Pada acara yang sama dilakukan juga penyerahan laporan hasil pemeriksaan kecamatan tingkat Kabupaten Majalengka.

Inspektur Irda Majalengka Edy Noor mengatakan lembaganya memiliki fungsi sebagai Aparat Pengawal Internal Pemerintah (APIP) yang bertugas deteksi dini terhadap resiko-resiko terjadinya korupsi di pemerintahan desam

"Selain itu APIP Juga sebagai konsultan bagi 330 desa di Kab. Majalengka sehingga harus diperlakukan sama dan jaminan yang sama, serta konsultatif yang sama," ungkap Edy Noor.

Menurut Edy, dalam 1 bulan kedepan APIP akan melakukan audit. Jikan nantinya ditemukan berbagai penyebab utama, indikasi, kemungkinan, resiko terjadinya korupsi, maka ada upaya perbaikan selama 60 hari.

"Jika dalam 60 hari tidak menghiraukan rekomendasi dati APIP maka yang pejabat pemdes yang bersangkutan akan berhadapan dengan APH (aparat penegak hukum), kemudian ke proses penyidikan," paparnya.

Edy Noor juga mengatakan Fungsi inspektorat adalah mengawasi prilaku pejabat pemerintahan desa. "Karena setiap orang punya prilaku berbeda salah satunya ada prilaku yang mengikuti aturan, ada yang pura-pura tidak tahu aturan dan yang tidak mau tahu aturan," ungkap Edy Noor.


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Asep Rochman Dimyati Resmi Pimpin APINDO Subang https://t.co/WlGokBlfyu
Jokowi Gunakan Bahasa Indonesia Saat Pidato Perdana di Sidang PBB https://t.co/XB08t7ZksA
Respon Mahasiswa Rencana UPI Buka Kampus Baru di Subang https://t.co/WpwZBewK83
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter