FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Disdukcapil Subang: Suket Sah untuk Daftar CPNS Sebagai Pengganti KTP-e

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mulai ramai diincar para pelamar. Ada sejumlah persyaratan yang wajib disertakan seperti e-KTP, berkelakuan baik atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pendidikan dan lain sebagainya.

Soal KTP-e, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Subang Yayat SUdrajat mengatakan, calon pelamar CPNS yang belum memiliki e-KTP asli bisa menggunakan Surat keterangan (Suket).

BERITA TERKAIT:

Dalam 4 Hari, Sudah 571 Pendaftar CPNS di Subang

Dijatah 275 Kursi, Ini Formasi CPNS 2019 untuk Subang

Hanya Dijatah 149, Ini Formasi CPNS di Majalengka



Yayat mengatakan, kebijakan itu sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tanggal 26 Maret 2019. "Suket ini memiliki kekuatan hukum yang sama dengan e-KTP, jadi calon pelamar CPNS dibolehkan menggunakan sebagai pengganti, dan ini kita infokan,” katanya Jumat (15/11/2019).

Suket menjadi pengganti KTP-e yang belum jadi. Tidak sedikit warga yang yang sudah melakukan perekaman namun belum memperoleh e-KTP. Alasannya ketersedian blanko di Disdukcapil, masih minim.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan sebelum mendaftar, para pelamar CPNS sebaiknya menyiapkan dokumen atau berkas persyaratan yang dibutuhkan.
Sejumlah dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk digunakan melakukan pendaftaran online di portal SSCASN. Antara lain seperti memindai Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli.

Memindai e-KTP menjadi foto secara formal dan dengan tampilan rapi. Kemudian melakukan swafoto atau selfie dengan memegang e-KTP dengan gaya yang elegan.

Deputi Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen menerangkan, bagi para calon pendaftar CPNS yang tidak memiliki e-KTP, bisa menggunakan Surat Keterangan (Suket). Suket tersebut dapat diurus di kelurahan setempat.

"Cara foto swafoto itu memegang e-KTP nya. Kalau tidak punya KTP, bersangkutan [para pelamar CPNS] ke kelurahan setempat mengurus itu [surat keterangan]," kata dia di Kantor BKN, Jakarta Timur belum lama ini.


FOLLOW SOCMED:
Facebook: REDAKSI TINTAHIJAU
IG & Twitter: TINTAHIJAUcom


TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Catat Girls!, Kata-kata Ini Tidak Mau Didengar Pria dari Pacarnya https://t.co/ALbh4FA7X7
Jelang Idul Adha, Mentan Kunjungi Peternak di Purwadadi Subang https://t.co/XU7exO4wy9
Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Subang Meninggal Dunia https://t.co/BkQGdlP9ts
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter