Pemprov Jabar Siap Berangkatkan Haji dari BIJB Kertajati Majalengka

BANDUNG, TINTAHIJAU.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana memberangkatkan jemaah haji tahun ini dari Bandara Kertajati di Majalengka. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati yang sampai saat ini sepi penumpang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, rencananya lantai dua bandara akan direnovasi sebagai asrama haji. "Kita akan merenovasi lantai atasnya untuk asrama hajinya jadi tidak di tempat lain. Jadi lantai bawah penumpang, atasnya asrama. Jadi nginep di atas turun langsung take off, itu dulu," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

Untuk itu, Emil pun menugaskan Sekda Jabar Iwa Karniwa untuk berkoordinasi dengan Kementerian Agama. "Keputusannya dari Kemenag sedang diproses oleh Pak Sekda," ucapnya.


BERITA TERKAIT:
Pengamat: BIJB Majalengka Sepi Karena Dibangun Tanpa Kajian Pasar
BIJB Kertajati Bakal Jadi Bandara Kargo e-Commerce
Sekda Jabar Ajak ASN Terbang Lewat BIJB Kertajati Majalengka
BIJB Majalengka Sepi, Gubernur Jabar: Tong Hariwang


Sementara itu, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengaku sudah berkoordinasi dengan bupati Majalengka danDireksi BIJB soal rencana itu. Ia pun masih membahas pola pendanaan terkait renovasi lantai dua bandara.  "Lantai dua bandara direnovasi untuk embarkasi sementara sehingga efisien dan efektif. Sekarang tinggal perencanaan oleh direksi dan komisaris BIJB," kata Iwa.

Iwa belum bisa memastikan berapa kloter yang akan diberangkatkan dari Bandara Kertajari. Sebab, masih menunggu keputusan dari Kementrian Agama. "Nanti dari hasil koordinasi baru bisa ditentukan berapa kloter. Tapi kita harapkan seoptimal mungkin. Kita harapkan di wilayah Ciayumajakuning," ungkapnya.

VIDEO VIRAL:
BIJB Kertajati Gerbang Baru Jawa Barat
Nyanyian Wartawan Subang dari Balik Jeruji Besi
Duh Cantiknya! Caleg RI Dapil Subang Majalengka Sumedang

Dihubungi terpisah, Direktur Keuangan dan Umum PT BIJB Muhammad Singgih mengatakan, lantai dua bandara akan direnovasi sebagai asrama sementara untuk para jemaah. Tanpa menyebut luas bangunannya, Singgih memperkirakan lantai dua bandara bisa dibuat 180 kamar dengan kapasitas sekitar 400 jemaah.

VIDEO VIRAL LAIN:
Curug Tapak Kuda, Surga Tersembunyi Di Kabupaten Majalengka


"Kemungkinan disekat dikasih tempat tidur dan bisa menghasilkan 180 kamar atau 400-an orang. Tapi sedang kita hitung yang lainnya harus menggunakan asrama yang tersedia seperti hotel di wilayah Cirebon," katanya.

Sementara soal pembiayaan, Singgih memastikan dana renovasi bukan dari PT BIJB. Ia menargetkan renovasi itu bisa selesai dalam waktu dua bulan setelah disetujui Kementerian Agama. "Dana yang pasti tidak ke BIJB, tapi ancerannya sekitar Rp 7 miliar. Tapi itu masih hitungan kasar," jelasnya. [kompas]


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Investor dari Singapura Lirik Potensi Wisata di Sumedang https://t.co/4Z2RRL1MXo
Akhiri KNM di Desa Sukasari, Mahasiswa Universitas Majalengka Gelar Seminar Digitalpreneur https://t.co/8NPcuCDVmB
Diduga Korupsi Dana Desa, Kejari Indramayu Tahan Kepala Desa https://t.co/kHczaqBY1R
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page