Tanggapi Keluhan Warga, Pemkab Launching Majalengka Raharja Quick Respon

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Sebagai wujud keseriusan dan komitment Bupati dan Wakil Bupati Majalengka dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan publik, dalam 100 hari kerjanya menggulirkan sebuah program layanan  publik bernama Majalengka Raharja Quick Response.
Selasa (26/3/2019).

Majalengka Raharja Quick Response adalah sistem pengelolaan layanan publik yang didesain untuk melayani dan menangani  aspirasi masyarakat dan pengaduan terkait pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah serta permasalahan yang bersipat emergency yang menuntut penanganan secara segera, cepat, tepat, efektif dan efisien.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka yang ditunjuk untuk menjadi ujung tombak layanan ini telah membangun 2 layanan yakni Layanan  Aspirasi Pengaduan Online Rakyat atau disingkat LAPOR.

Layanan ini merupakan  layanan pengaduan terhadap penyelenggaraan layanan publik yang diselenggarakan pemerintah daerah Kabupaten Majalengka, yang terintegrasi dengan Sistem Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang saat ini dikelola kementerian PANRB.

LAPOR awalnya dirancang untuk merespon keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat melalui media sosial yang pada kenyataannya tidak setiap keluhan masyarakat terhadap layanan public yang diselenggarakan pemerintah sampai pada leading sektor terkait sehingga penanganannya terkesan lamban.

Kini masyarakat dapat lebih mudah menyampaikan pengaduan dengan langsung mengakses website www.lapor.go.id atau melalui SMS ke Nomor 1708. Dengan adanya Layanan ini Masyarakat dapat secara aktif ikut berperan serta dalam mengontrol pelaksanaan layanan public yang diselenggarakan pemerintah, sehingga hal ini merupakan langkah maju dalam mewujudkan pemerintahan yang baik (Good Goverment) yang bersih dari praktik – praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Layanan Majalengka Raharja Quick Response yang kedua adalah layanan Tanggap darurat / Emergency untuk  menangani hal-hal yang bersifat kedaruratan seperti kebakaran, kerusuhan, bencana alam, kekerasan pada anak dan perempuan , tindak kriminal, KDRT, layanan kesehatan dan ambulance serta  hal-hal yang bersifat emergency lainnya yang menuntut penanganan segera.

Layanan ini dapat diakses secara langsung melalui telepon ke nomor 112, baik dari telepon kabel maupun selular Gratis tanpa biaya pulsa.

Kepala Dinas Kominfo H. Maman Sutiman mengatakan Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfo telah menyiapkan infrastruktur, Sarana dan Prasarana penunjang untuk membangun dua layanan ini termasuk pelatihan SDM dan Sosialisasi agar layanan ini dapat berjalan dengan lancar dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk masyarakat. "Dengan adanya 2 layanan tersebut diharapkan dapat menangani berbagai macam permasalahan secara cepat, tepat dan tuntas,"

Sementara itu Bupati Majalengka H. Karna Sobahi Bupati mengatakan latar belakangi perumusan program Majalengka Raharja Quick Response karena adanya keluhan, aspirasi dan pengaduan dari masyarakat seringkali belum tertangani secara maksimal, yang disebabkan panjangnya administrasi birokrasi dan ketidaktahuan masyarakat harus kemana dan bagaimana menyampaikan aspirasinya.

"Selama ini banyak masyarakat yang menyampaikan keluhan terhadap pelayanan publik di media sosial. Padahal hal itu belum tentu sampai dan dibaca oleh pihak yang berkompeten, " kata Bupati.

Untuk itu sambung Bupati, Pemkab Majalengka memandang penting masalah tersebut untuk segera ditangani, sehingga program Majalengka Raharja  Quick Response diresmikan hari ini.

"Majalengka Raharja Quick Response untuk melayani dan menangani aspirasi dan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemkab Majalengka serta permasalahan yang bersifat emergency  yang menuntut penanganan secara segera, cepat, tepat, efektif dan efisien," jelasnya



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Akhiri KNM di Desa Sukasari, Mahasiswa Universitas Majalengka Gelar Seminar Digitalpreneur https://t.co/8NPcuCDVmB
Diduga Korupsi Dana Desa, Kejari Indramayu Tahan Kepala Desa https://t.co/kHczaqBY1R
Bupati Subang Jalin Kerjasama dengan ITB di Bidang Pendidikan cc @PemkabSubang @itbofficial https://t.co/N1BzabhBTF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page