Jadi Wasit yang Adil, Mendagri Minta Bawaslu Tegas Soal Politik Uang dan Hoax

JAKARTA TINTAHIJAU.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan akan bersepakat mendukung Bawaslu menjalankan tugas menjaga keadilan dalam Pemilu 2019.

"Kami menyerahkan semuanya kepada Bawaslu sebagai wasit yang adil dan demokratis sesuai aturan perundang-undangan yang ada," ujar Tjahjo di gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, seperti dikutip detik.com Sabtu (23/3/2019).

Hal tersebut disampaikan Tjahjo setelah menghadiri acara deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu. Ia meyakini para peserta pemilu akan berkomitmen melaksanakan pemilu yang demokratis dan taat aturan.

"Yang terakhir, kami menginginkan kepada Bawaslu harus commit untuk melarang yang namanya racun demokrasi, termasuk virus-virus demokrasi, yaitu politik uang, kampanye yang berujar kebencian, kampanye yang bersifat SARA dan hoaks, fitnah. Itu racun demokrasi yang saya kira semua sepakat untuk kita lawan dan kita hindari," ucapnya.

Selain Tjahjo, turut hadir pula Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Mardani Ali Sera. Erick juga menyatakan komitmen pihaknya untuk lebih mengkampanyekan visi-misi dan program.

"Ya, alhamdulillah, saya rasa bagus ini bagaimana kita bersepakat untuk lebih menjual visi dan misi dan program kerja. Itu yang terbaik untuk masyarakat. Dan saya rasa, mewakili TKN, dan saya yakin BPN visinya sama untuk saat ini," tutur Erick.

Senada dengan Erick, Mardani mengaku gembira atas adanya deklarasi komitmen bersama dari Bawaslu ini. Ia menyebut berkomitmen melaksanakan pemilu yang berkualitas.

"Kami sepakat ingin mencintai bangsa ini dengan pemilu yang berkualitas dan integritas. Insyaallah 24 Maret sampai 13 April nanti kita menyaksikan kontestasi karya dan gagasan yang baik," ungkap Mardani.

Dalam acara tersebut, turut dibacakan deklarasi Komitmen Bersama dalam Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu 2019. Deklarasi dibacakan Ketua Bawaslu Abhan dan diikuti Tjahjo, Erick, Mardani, perwakilan TNI/Polri, serta perwakilan partai politik yang hadir.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2

Twitter Update

Akhiri KNM di Desa Sukasari, Mahasiswa Universitas Majalengka Gelar Seminar Digitalpreneur https://t.co/8NPcuCDVmB
Diduga Korupsi Dana Desa, Kejari Indramayu Tahan Kepala Desa https://t.co/kHczaqBY1R
Bupati Subang Jalin Kerjasama dengan ITB di Bidang Pendidikan cc @PemkabSubang @itbofficial https://t.co/N1BzabhBTF
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page