Prihatin! Minat Baca Remaja di Kabupaten Subang Rendah

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Minat baca di Kabupaten Subang berada di titik nadir. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Subang Ade Mulyawadi menyebutkan, budaya baca di Kota Nanas ini rendah.

Indikator lemahnya minat baca ini, terang Ade, setidaknya dilihat dari jumlah kunjungan warga ke Perpustakaan. Dia menyebutkan dalam sehari, tidak lebih dari 100 orang yang datang ke Perpustakaan dengan aneka tujuannya.

BACA: Book Fair Subang 2019, Budayakan Literasi dengan Lomba Mewarnai dan Dongeng


"Minat baca di Indonesia ini 1:1000 orang. Di Subang, kondisinya tidak beda. Mereka yang datang ke Perpusatakaan kurang dari 100 setiap harinya," kata Ade Mulyawadi kepada TINTAHIJAU.com

Beberapa upaya dilakukan Dinas Perpusatakaan dan Arsip dengan mendekatkan fasialitas membaca ke warga. Selain Perpusatakaan keliling, juga taman baca dan perpusatakaan di desa. Sayangnya, taman baca di Kabupaten Subang belum signifikan. Ade menyebutkan, dari 253 Desa dan Kelurahan yang ada, baru ada 25 desa/kelurahan yang memiliki taman baca. Demikian halnya Perpusatakaan di Desa, Ade menegaskan, sejauh ini keberadannya belum dikelola secara baik.

Selain program permanen itu upaya lain yang dilakukan adalah dengan pameran buku atau book fair. "Semoga ini menjadi percikan api yang membakar warga untuk meningkatkan minat baca," kata Ade

Di tengah minimnya minat baca warga, momentum Book Fair ini justru belum diisi dengan kegiatan yang merangsang warga membaca dan menulis. Dari daftar lomba yang dijadwalkan, kata Ade, panitia melombakan Dongeng, Mewarnai untuk Murid PAUD dan sejenisnya.

"Menulis dan membaca itu kan fondasi literasi, tapi prakteknya ya seperti mewarnai, dongeng atau cerita dan bedah buku," kilah Ade.

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1
Banner Kanan 2
Banner Kanan 3

Twitter Update

Gerakkan Ekonomi Desa, Bupati Subang Luncurkan BUMDes Jawara https://t.co/ryjOezfqu3
5 Hari Dikerangkeng, Warga Majalengka Ditemukan Tewas Dengan Tangan Terikat https://t.co/wuksQDRkuU
Agenda Kunjungan Presiden ke Kabupaten Subang Batal https://t.co/0g5s5Z9XIw
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page