FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

     

     

     

Program 100 Hari Kerja, Bupati Majalengka Pangkas 25% Nilai PBB

MAJALENGKA, TINTAHIJAU.com - Bupati Majalenka Karna Sobahi memangkas nilai bayar pajak sebesar 25% untuk 336.918 objek pajak di sembilan Kecamatan di Kabupaten Majalengka.

Hal ini disampaikan Bupati saat Launching Kebijakan Pemberian Insentif Pengurangan PBB-P2, Penyerahan SPPT PBB-P2 Kepada Wajib Pajak, serta Penerapan Aplikasi E-PBB Raharja tahun pajak 2019, bertempat di Graha Sindangkasih, Senin (11/3/2019). Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatkan substansi dari pembayaran PBB adalah kesadaran.

Dengan demikian, peran Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait kesadaran membayar PBB. Bupati akan memangkas nilai pembayaran PBB di sembilan Kecamatan yaitu Kadipaten, Kertajati, Jatitujuh, Ligung, Sumberjaya, Palasah,Jatiwangi, Kasokandel, dan Kecamatan Dawuan.

Pemangkasan ini, diakui Karna berdasarkan masukan masyarakat saat kampanye, yang mengeluh soal pembayaran PBB. "Oleh karena itu kami mencoba menganalisa kebijkan dalam program 100 hari kerja ini dan pada hari ini setelah adanya kesepakatan bersama masyarakat diberikan penurunan pembayaran PBB sebesar kisaran 25%. Penurunan ini dalam artian ingin mengangkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, karena tarif yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kemacetan membayar pajak," ungkap Bupati

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Majalengka, Lalan Soeherlan pemberian insentif tersebut diberikan kepada kurang lebih 336.918 objek pajak yang masuk kedalam golongan I, II dan III dengan nilai pengurangan mencapai kurang lebih sebesar 6,5 milyar rupiah.

"Berdasarkan catatan PBB 5 tahun yang lalu yakni pada tahun 2015 s/d 2019 Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari PBB-P2 terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan bahkan menjadi penyumbang terbesar dalam pajak daerah," kata Lalan.

Di tahun 2019 SPPT, jelas Lalan, pihaknya telah mencetak 953.918 dengan potensi sebesar Rp78.23 Milyar. SPPT tersebut saat ini sedang proses distribusbke masyarakat melalui pemerintah Kecamatan, Desa/Kelurahan.

Lebih jauh Lalan menyebutkan, sejalan dengan Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati, pihaknya telah melakukan penilaian dan penyesuaian terhadap objek tanah dan bangunan di sembilan Kecamatan.

"Disamping itu pemerintah telah menetapkan kebijakan pemberian insentif atau pengurangan PBB-P2 kepada masyarakat di sembilan Kecamatan yang mengalami kenaikan NJOP," kata Lalan


FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
YouTube: TINTAHIJAU Channel




TRENDING TOPIC

TINTAHIJAU CHANNEL

Twitter Update

Alhamdulillah, Subang Akhirnya Zero Kasus Covid-19 https://t.co/BCv3xnNx4K
Kabar Gembira! Karyawan Bergaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Bantuan Rp600 Ribu/Bulan https://t.co/teG4R6uTuw
Ratusan PNS Subang Dites Swab, Dan Inilah Hasilnya https://t.co/w2W6bhUApV
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter