FOLLOW SOCMED:

           

@TINTAHIJAUcom

Dirjen PKP Kemendes PDT Minta Pejabat Subang Optimalkan Potensi Daerah

SUBANG, TINTAHIJAU.com - Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meminta pemerintah, dari tingkat Kabupaten hingga Desa memanfaatkan SDA secara oftimal.

Hal ini disampaikan pada Focus Group Discussio (FGD) Pengembangan dan Pemanfaatan  Potensi Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan Berbasis Pertanian di Kabupaten Subang 2019 di Dayang Sumbi Hall Ciater,  Senin (14/1/19).

BACA: Bupati Subang Kumpulkan Camat dan Kades Bahas Produk Unggulan

Selain dari Kemendes PDT, FGD yang digelar sehari itu menghadirkan Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Subang.

Plt. Dirjen Pembangunan kawasan perdesaan (PKP) Kemendes PDT Harlina Sulistiorini meminta Kades, Camat dan Kepala OPD di Kabupaten Subang proaktif dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam pertanian perdesaan.

Dia merinci ada 4 prgram prioritas unggulan Kementrian Desa, yaitu pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), membangun embung air desa, mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan membangun Sarana Prasarana Olahraga Desa (Raga Desa).

"Subang memeiliki banyak potensi pertanian dinataranya komoditas Nanas, Padi, Manggis dan pertanian lainnya, maka dari itu perlu adanya perhatian dan peran aktif dari semua pihak dan perlu adanya pengemasan produk unggulan kawasan pedesaan," kata Harlina

REKOMENDASI:
Wabup Subang Minta Semua OPD Bikin Akun Socmed
Gerakan Subang Bebersih Dirancang Massal Hingga Desa
Wabup Subang: Patimban Harus Dongkrak Kesejahtreraan Warga
Bupati Subang: Infrastruktur Kunci Kemajuan Daerah

 


Dia beraharap, dengan optimalisasi pemanfaatan potensi SDA, pembangun desa dan kawasan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Subang Ruhimat menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus mengawal program dana desa sehingga pelaksanaannya sesuai dengan prioritas pemerintah, baik itu pemerintah pusat dan khususnya pemerintah kabupaten Subang

"Dengan demikian ada peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan sehingga dana desa yang diterima dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya

Ruhimat menegaskan ada hal yang harus menjadi fokus dalam pembangunan pedesaan, yaitu pembangunan infrastruktur pedesaan diprioritaskan keoada kemudahan akses lokasi strategis pusat ekonomi pedesaan sehingga mobilitas ekonomi berjalan baik tanpa kendala.

Dalam bidang peningkatan koperasi dan UKM, tegas Ruhimat, agar terus mendukung bidang usaha mikro di pedesaan dan dalam bidang perdagangan dan industry dengan membantu sisi marketing usaha mikro pedesaan.

"Buka akses-akses  pasarnya sehingga hasil produksi dapat dengan mudah masuk kepasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern di dalam maupun di luar Subang," tegasnya



FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom
Youtube: TINTAHIJAU Channel


Banner Kanan 1

Twitter Update

Polisi Tetapkan 5 Komisioner KPU Palembang Jadi Tersangka https://t.co/KV7CKFx2aT
Saat Nyalip, Motor vs Motor di Jalan Cijoged Subang, 1 Orang Tewas https://t.co/x625KXNUWY
Petani Pabuaran Subang Berburu Hama Tikus https://t.co/NlLccisCQY
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page