Follow us:

BPKD Subang Pastikan Administrasi Keuangan 2019 Kondusif

Belum adanya pejabat untuk mengisi kekosongan di empat posisi OPD Baru, tidak menjadi masalah atau berdampak terhadapadminsitrasi keuangan Pemkab Subang.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Syawal menanggapi seputar adanya kekhawatiran kisruh administrasi dampak dari gagalnya mutasi dan rotasi di era Plt Bupati Subang Ating Rusnatim.

Syawal mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk merealisasikan anggaran meskipun rotasi dan mutasi yang sudah direncanakan ditolak Pemerintah Provinsi.

Ada tiga alternatif yang bisa dilakukan. Syawal merinci, Bupati Subang mengajukan rotasi dan mutasi jabatan ke Kemnterian Dalam Negeri. Kendati Bupati yang baru dilantik baru bisa melakukan itu setelah enam bulan menjabat, namun ada klausul yang membolehkan jika kondisina darurat, dengan catatan ada rekomendasi Kemndagri.

Opsi kedua, OPD merupakan wilayah teknis dari penyelenggaraan Pemerintahan. Sementara pemegang kekuawsaan tunggal berada di Bupati dengan dibantu oleh Sekda. Artinya, kata Sawal, Bupati bisa merealisasikan anggaran melalui Sekda.

"Untuk opsi ketiga, Bupati yang baru bisa menunjuk Plt sebagai petinggi di OPD yang dimaksud. Ini dibolehkan. Jadi pada prinsipnya, pemerintah tidak boleh kosong dalam satu jampun. Dan saua pastikan, ini kondusip, tidak perlu dikhawatirkan," kata Syawal.

Ada empat OPD baru, yang sesuai amanat Perda No. 1 tahun 2018 harus diisi sebelum 1 Januari 2019. Keempat OPD itu adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Pengeluaran dan Aset Daerah (BPAD), Satpol PP & Damkar dan BPBD. Keempat anggaran untuk OPD ini sudah masuk dalam Perda APBD 2019.  

Sebelumna Plt Bupati Subang Ating Rusnatim sudah mengajukan untuk dilakukan rotasi dan mutasi. Namun pengajuan itu ditolak Pemerintah Provinsi sampai ada Bupati Baru. Gagalnya rotasi dan mutasi ini mengundang kekhawatiran sejumlah elemen akan berdampak pada pembangunan dan honor PNS yang berakibat lumpuhnya program pemerintah

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
Twitter: TINTAHIJAUcom


Banner Kanan 1

Twitter Update

Belasan Pot Bunga di Alun-alun Subang Dirusak Orang Tak Dikenal https://t.co/jRPYlaiiLa
Pemkab Majalengka Lelang 5 Jabatan Strategis https://t.co/5mEimHI8Y0
Di luar Ekspektasi, Warga Subang: Debat Capres Seperti Cerdas Cermat https://t.co/KHiXSwzuDq
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page