Follow us:

Ada Rekrutmen CPNS, Ribuan Honorer Berusia di Atas 36 Tahun Gigit Jari

Dibukanya pendaftaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah kabar gembira bagi tenaga honorer di lingkungan Pemkab Subang. Namun demikian, ada ribuan tenaga honorer yang gigit jari karena terjegal aturan.

Ada sekitar 2.500 tenaga honorer eks K2 di Kabupaten Subang harus gigit jari dengan rekrutmen CPNS 2018 ini. Mereka yang gagal pada seleksi tahun 2013 lalu, pada tahun ini dipastikan gagal mengikuti seleksi CPNS jalur khusus. Pemicunya ada aturan yang membatasi usia, antara 18 tahu sampai 35 tahun.

Daftar dan Test via Online, Kepala BKPSDM Subang: Jangan Tertipu Calo CPNS
Dijatah 474 Kursi, Ini Formasi CPNS 2018 di Pemkab Subang

"Aturannya seperti itu, CPNS tahun ini usia yang boleh ikut seleksi CPNS antara 18 tahun sampai 35 tahun. Dari 36 tahun ke atas, dianggap tidak memenuhi syarat," kata Kepala BKPPSDM Nina Herlina didampingi Kepala Bidang Pengadaan BKPPSDM Kabupaten Subang, Eza Zaiton

Eza juga mengatakan selain usia, ada juga persyaratan yang harus dipenuhi yaitu pendidikan terakhir. Bagi formasi pendidikan jalur khusus pendaftar harus lulusan S1 per November 2013 lalu, dan formasi kesehatan minimal D3. "Persyaratan itu harus terpenuhi saat melakukan pendaftaran. Sebab dengan sistem komputerisasi berbasis online, prosesnya otomatis yang tak memenuhi syarat langsung ditolak sistem," ujarnya.

Plt Bupati Subang Ating Rusnatim mengatakan kuota formasi yang diberikan pusat bagi Subang sebenarnya masih kurang dari kebutuhan ideal. Sebab usulan dari Subang untuk seleksi jalur umum itu sebanyak 507, itu belum termasuk honorer. Sebab perkiraan awal bagi honorer akan ada perekrutan terpisah. "Ternyata kami dapat kuota 474 itu buat umum dan honorer. Jadi kalau lihat kebutuhan sih sebenarnya jauh dari harapan. Tapi kami sudah berusaha, kewenangannnya hanya mengusulkan dan memfasilitasi. Keputusannya ada di pusat," katanya.

Pemkab Subang mendapat 474 kuota CPNS dari 507 yang diajukan. Dari 474 jatah Subang ada 49 posisi yang bakal direbutkan ribuan pendaftar. Secara rinci total formasi untuk CPNS Pemkab Subang sebanyak 474 yang dibagi untuk jalur khusus (honorer K2) sebanyak 228 formasi dan jalur umum sebanyak 246 formasi.

Dari 246 jalur umum itu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan 153 formasi, tenaga guru sebanyak 39 formasi dan tenaga teknis sebanyak 54 formasi. Masyarakat yang hendak mendaftar dapat melakukan secara daring melalui portal http://sscn.bkn.go.id


Ikuti Lintasan Berita via socmed:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Hanya 134 Peserta Test CPNS Subang yang Lolos Passing Grade SKD https://t.co/0uLgD4zsD4
Polisi Tangkap Kawanan Perusak Kantor DPMD Majalengka https://t.co/zGQmOtf7eu
PAD Subang di 2019 Ditarget Naik Rp79 Miliar https://t.co/zdvkmnXK8T
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page