Majalengka Klaim Disparietas Orang Miskin dan Kaya Mendekati Ideal

Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Majalengka menyebutkan tingkat disparietas orang miskin dengan orang kaya di Kabupaten Majalengka sebesar 0,3 persen dari jumlah penduduk sebesar 1,2 juta jiwa

Angka tersebut berada di bawah angka ideal yang prosentasenya sebesar 0,5 persen. Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Majalengka Edi Noor Sujatmiko mengatakan Majalengka mendekati angka ideal untuk tingkat perbedaan antara si miskin dengan si kaya, namun  jika rata-rata income perkapita naik, terlebih investasi padat modal mengalami kenaikan

"Untuk saat ini disparietasnya mendekati angka ideal. Tapi kalau angka kemiskinan di Majalengka tidak bergerak sementara tingkat investasi naik maka disparietas akan naik," kata Edi Noor Sujatmiko, pada koordinasi penyusunan Disagregasi  Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang diselenggarakan BPS Kabupaten Majalengka, Senin (09/04/2018).

Makanya menurut Edi solusinya adalah partisipasi masyarakat harus mampu menangkap peluang ekonomi yang ada. Di Kabupaten Majalengka kesenjangan akan sangat besar bila masyarakat tidak mampu memanfaatkan peluang ekonomi.

"Cara untuk menangkap peluang ekonomi tersebut diantaranya adalah jadi tuan rumah yang baik terhadap para pendatang,  bagaimana mereka agar mengeluarkan duit di Majalengka. Misalnya untuk sektor wisata masyarakat menyiapkan travel, membawa mereka untuk berwisata di 108 destinasi wisata alam yang ada di Majalengka, mereka bisa menginap disekitar lokasi wisata, tidak menginap di wilayah lain seperti Cirebon atau Kuningan karena alasan tidak ada hotel di Majalengka. Poin tersebut adalah peluang ekonomi yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat Majalengka." papar Edi Noor Sujatmiko.(Abduh)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU


Twitter Update

Fraksi PDIP Subang Minta EKsekutif Tuntaskan Perbaikan Jalan https://t.co/4dAaZN0kj0
Ratih Sang, Ajak Mahasiswa UNMA Kreatif Dalam Promosi Potensi Wisata https://t.co/7RGIBjxtQ5
Terbentuk, Tim Koalisi Prabowo-Sandi Bidik 70% Suara di Subang https://t.co/BnkkjSpI88
Follow TINTAHIJAU.com on Twitter

Facebook Page