Diserahkan ke Pemkab, Kementerian KUKM: Gedung PLUT Jangan Dialih Fungsikan

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyerahkan kepemilikan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) ke Pemkab Subang. Serah terima ini dilaksanakan bersamaan dengan Subang Expo 2017 di area Plut Jl. KS Tubun Subang

Penyerhan ini diserahkan langsung kementerian yang diwakili Deputi Restrukrisasi Usaha, Ir. Abdulkadir Damanik kepada Bupati Subang Imas Aryumningsih. Damanik menejelaskan program PLUT ini dilucurkan pada 2013, dan sampai tahun 2017 telah dibangun sebanyak 51 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. "Lahan pembangunannya disediakan oleh Pemerintah Daerah, dan untuk biyaya gedung ditanggung dari kementerian," katanya.

Untuk mengisi peralatan gedung ditanggung oleh Pemda, sementara untuk biyaya oprasional dari kementrian yang sifatnya  sementara anatara 3-5 tahun. "Di PLUT terdapat 5 orang tenaga pendamping dari kementerian sesuai keahlian masing-masing, ada produksi pembiyayan, pemasaran, kerjasama dll," tambahnya.

Damanik mewanti-wanti kepada Pemda yang menjadi pengelola, jangan sampai di alih fungsikan bangunannya untuk dipakai selain dari program UMKM. "Jangan sampai seperti daerah lain dialih fungsikan, karena dari 51 baru 40 yang diserahterimakan, sisanya masih kita diskusikan," tutupnya.

Sementara itu PLUT Subang Expo ini merupakan acara yang digagas Dinas Koperasi, UMKM, Pedagang dan Perindustrian Kabupaten Subang yang bertujuan untuk peningkatan kualitas produk yang dihasilkan palaku UMKM Subang dan mempromosikan produk-produk hasil karya koprasa dan para penggerak UMKM.l0

Seperti yang disamapaikan H. Ugit Suganda Kepala Dinas Kopreasi dan UMKM Kabupaten Subang bahwa expo ini sebagai upaya agar masyarakat mencintai produk unggulan asli daerah.

"Acara ini ditargetkan diikuti oleh 1000 orang yang terdiri dari penggerak koperasi, pelaku UMKM, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum," ungkapnya.

Dengan acara ini diharapkan peluang mediasi pelaku usaha dengan lembaga pembiyayaan ada kemitraan.

Selain dihadiri perwakilan kementerian koperasi expo ini turut dihadiri Asisten Deputi Pendampingan Usaha, Eviyanti Nasution, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar Dudi Sudrajat Ketua Dekopinwil Jabara, Muspida, dan Pimpinan Cabang Bank BJB, BNI dan BRI serta tamu undangannya lainnya.

Beberapa kegiatan dalam expo ini diantaranya, gelar produk koperasi, lomba kreasi masak nanas, expo pembiyayaan dari lembaga pembiayaan, penyerhana NIK (Nomor Induk Koperasi dan IUMK (Ijin Usaha Mikro Kecil) serta sosialisasi rumah pangan dan Pengembangan koperasi.

Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih mengapresiasi Subang PLUT expo ini, dan berterimakasih atas hibah gedung PLUT KUMKM dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi. "Koperasi ini merupakan wujud perekonomian atas kebersamaan masyarakat sehingga menjadi penting untung meminimalisir permasalahan sosial" ungkapnya.

Sehingga tambahannya kehadiran PLUT ini sangat diharapkan perannya dalam mendorong dan meningkatkan kemampuan daya saing pelaku usaha. "Untuk itu saya menghimbau agar intasi lembaga dan seluruhnya besinergi untuk mengangkat produk-produk unggulan daerah kita, sehinga produk kita bisa naik kelas," tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan serah terima bangunan PLUT simbolis dengan menyerahkan berita acara serah terima, dan penyerahan KUR dari bank kepada pelaku usaha dan pembukaan expo yang ditandai dengan gunting pita.


Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Promosi dan iklan: 085352324271


Banner Kanan 1

Twitter Update

Tips dan Trik Efek Bokeh di Kamera Smartphone https://t.co/FLb1TwgN9S
Pembangunan Bandara Kertajati Majalengka Capai 85 persen https://t.co/irXbKLwnuj
Buah Rambutan Subang Banjiri Pasar Jabotabek https://t.co/AuGvHNnbn8
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page