Jadi Lumbung Padi, Subang Belum Memiliki Cadangan Pangan

Dua kali Pemerintah Provinsi dan Pusat memegur Pemkab Subang karena belum ada cadangan pangan. Ironisnya, ini tejadi di daerah yang menjadi lumbung padi Jawa Barat

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan di Dinas Ketahanan Pangan, Dewi Lestari mengatakan, ketersediaan Cadangan Pangan merupakan kebijakan pemerintah pusat. 

Ada empat titik Cadangan pangan, yakni Cadangan Pangan Pusat, Provinsi kabupaten dan Cadangan Pangan di Masyarakat. "Dari empat itu, di Subang yang belum ada di Kabupaten," kata Dewi kepada TINTAHIJAU.com, Rabu 911/10/2017).

Cadangan Pangan itu, lanjut Dewi, akan diberikan kepada petani yang gagal panen diakibatkan serangan hama dan kekeringan, dan korban bencana. "Mereka bisa mengajukan bantuan ke pemerintah. Kita verifikasi, jika dinyatakan oke, kita bantu minimal seminggu," jelasnya

Sayangnya, harapan ideal itu belum mendapat lampu hijau dari Bupati Subang. Sejauh ini, orang nomor satu di Subang itu belum mengaprove permintaan tersebut. "Kita sudah dua kali disurati Pusat dan Provinsi, tapi saya yakin tahun ini bisa terrealisasi," imbuhnya.

Cadangan Pangan ini, nantinya akan tersedia 60 ton beras dalam gudang. beras sebanyak itu sifatnya digunakan jika terjadi gagal panen di Subang. 

 

 

Follow Us:

Twitter @tintahijaucom

FB: Redaksi Tintahijau

 


Banner Kanan 1

Twitter Update

Bupati Majalengka Lantik Ratusan Pejabat Eselon III dan IV https://t.co/XW6Z9WRsCD
Alasan Maman Imanulhaq Pilih Berpasangan dengan Ridwan Kamil di Pilkada Jabar Cc @kang_maman72 https://t.co/MxT5Y9fhjd
Alasan Maman Imanulhaq Pilih Berpasangan dengan Ridwan Kamil di Pilkada Jabar https://t.co/MxT5Y9fhjd
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page