Dana Belum Cair, Ratusan Kepala Desa di Subang Meradang

TINJAU SUBANG- Ratusan Kepala Desa di Kabupaten Subang dibuat meradang. Pemicunya, alokasi dana desa untuk penyelengaraan pemerintah hingga pertengahan tahun ini belum cair.

Nihilnya anggaran tersebut, mengakibatkan tidak sedikit apratur pemerintahan belum menikmati gaji. Demikian halnya dengan program desa, yang mulai terhambat. "Ya kita puasa. Dananya kan belum cair. Kalau ada, sebagian pinjam dulu dari pendapatan desa," kata Kepala Desa Rawalele, di Kecamatan Dawuan, Juhana

Penyebab keterlambatan pencairan dana itu karena Peraturan Bupati hingga saat ini belum diterbitkan. Kondisi ini berbeda dengan tahun sebelumnya. pada 2016 lalu, usai bimbingan teknik, dana langsung direalisasikan.

"Tahun lalu seetelah bintek langsung dicairkan. Tahun sekatang, kita sudah bintek tapi ada perubahan Perbup. Sampai sekarang belum diterbitkan Perbupnya," imbuhnya

Alokasi dana desa penyelenggaran Pemerintah itu sebesar 70%nya untuk operasional pemerintah. Sementara sisanya dibagi dalam tiga peruntukan yakni pembangunan, pemberdataan dan pembinaan.  "Kita berharap tahun depan pencairannya bulanan saja, seperti Kabupaten lain. Biar lebih jelas dan gampang," imbuhnya.


______
Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau
Iklan & Promo: 089624350851


Twitter Update

Gubernur Anies: ASN Bukan untuk Dimusuhi tetapi Dibina https://t.co/Rtit2O2yEj
Maju dari Perseorangan, Endang Kosasih Data KTP Dukungan https://t.co/OpkB3dQTWk
Pemuda Subang, Novan Husein Bidik Kursi DPR RI https://t.co/QQ4297QmUd
Follow TINTAHIJAU.COM on Twitter

Facebook Page