Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

Smartphone bukan lagi menjadi barang mewah saat ini. Siapapun, hampir semua orang memiliki sebuah ponsel pintar di saku mereka. Ada berbagai merek di jual di pasar , namun siapa sebenernya penguasa pasar smartphone saat ini ? menurut observasi yang saya lakukan dengan menggunakan metode langsung yaitu dengan memberikan kuisioner kepada masyarakat sekitar majalengka didapat data bahwa masyarakat majalengka banyak sekali yang menggunakan smartphone merk xiaomi.

Xiaomi didirikan oleh delapan mitra pada tanggal 6 Juni 2010. Pada tahap pertama pendanaan inverstor institusi, termasuk Temasek Holdings, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura, perusahaan pendanaan modal dari China IDG Modal dan Qiming Venture Partners, serta perusahaan pengembang prosesor Qualcomm. Pada tanggal 16 Agustus 2010, Xiaomi resmi meluncurkan firmware berbasis Android pertamanya, MIUI. Telepon cerdas pertama diumumkan pada Agustus 2011 bernama Mi 1. Mi 1 menggunakan firmware MIUI berbasis Android yang menyerupai TouchWiz dari Samsung dan iOS dari Apple. Pada tahun 2014, Xiaomi mengumumkan akan memperluas pemasarannya ke luar Tiongkok.

Xiaomi memulai debut internasionalnya ke Singapura. Markas internasional juga akan dibangun di ibukota negara, yang akan mengkoordinasikan semua kegiatan termasuk peluncuran produk di wilayah tersebut pada masa yang akan datang.[28] Redmi dan Mi 3 adalah telepon cerdas yang pertama kali dijual di Singapura masing-masing pada tanggal 21 Februari dan 7 Maret. Pada 7 Maret, Mi 3 habis terjual dalam waktu 2 menit di Singapura. Setelah Singapura, Xiaomi juga masuk ke Malaysia, Filipina, dan India. Kemudian, pada bulan-bulan berikutnya Xiaomi juga masuk ke Indonesia, dan akan melakukan ekspansi ke Thailand, Rusia, Turki, Brasil, dan Meksiko.


Xiaomi mencapai harga yang murah dan tidak sampai 1,5 kali harga produksi dengan cara memangkas sejumlah aspek. Dua di antaranya adalah dalam hal pemasaran dan profit yang diambil untuk perusahaan. "Xiaomi membuat produk murah dengan cara memotong profit, kami mengambil untung nol dari hardware. Sebelumnya, dalam lima tahun pertama perusahaan pun kami tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk pemasaran dan promosi," jelasnya. Selanjutnya, Xiaomi juga memproduksi gadget dalam volume besar. Cara demikian membuat perusahaan bisa memborong kebutuhan produksi dengan harga yang lebih murah, budget produksi pun bisa diperkecil.

Kenapa HP Xiaomi bisa menjual produknya dengan murah dan masih mendapatkan keuntungan? Apa strategi pasar mereka di majalengka ?

Saat ini, ponsel pintar Xiaomi adalah salah satu merek ponsel pintar yang cukup laris di pasaran. Xiaomi mampu menjual produk ponsel cerdasnya secara relatif lebih murah dibandingkan merek terkenal lainnya, seperti Samsung atau iPhone. Strategi pemasaran produk Xiaomi membuatnya mampu menjual produk dengan harga murah dan tetap memperoleh keuntungan. Perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun ini mempercayai bahwa teknologi tinggi tidak menghabiskan biaya yang besar.

Dengan konsep pemasaran yang dimilikinya, pada tahun 2013 produk ponsel pintar Xiaomi mampu terjual hingga 18 juta unit di sejumlah negara di kawasan Asia, seperti di Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, India, dan Indonesia. Sejak berdiri sekitar 5 tahun yang lalu, Xiaomi sekarang telah berhasil menjadi perusahaan smartphone terbesar nomor 5 di dunia. Bahkan, di pasar ponsel pintar China, perusahaan ini mampu mengalahkan Samsung yang merupakan perusahaan ponsel pintar kelas dunia asal Korea.

Keahlian pemasaran Xiaomi layak diacungi jempol, karena dengan produk yang berkualitas tinggi, Xiaomi berani menjualnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan para pesaingnya. Dan hal ini membuat ponsel cerdas Xiaomi mampu menaklukkan pasar dunia. Xiaomi mampu menghilangkan stigma bahwa produk asal China hanyalah produk kelas bawah dan kualitas rendah. Produk Xiaomi adalah ponsel cerdas dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga murah. Dan itulah salah satu kelebihan hp Xiaomi.

Selain karena penerapan strategi pemasaran produk yang tepat sasaran, konsep pemasaran yang menggunakan word of mouth marketing strategy juga sangat berperan. Sehingga konsumen akhirnya mengetahui keunggulan yang ditawarkan oleh Xiaomi. Jika dibandingkan dengan produk bermerek internasional lainnya, seperti Samsung, Apple, dan yang lainnya, Xiaomi berani menghadirkan produk berkualitas sama dengan harga yang lebih murah.Dalam hal kecanggihan produk, konsumen dapat melihat spesifikasinya dan membandingkan dengan merek terkenal lainnya.

Bagi sebagian orang yang lebih mementingkan kualitas daripada merek, mereka akan memiliki Xiaomi. Karena dengan harga yang lebih murah mereka bisa mendapatkan produk berkualitas yang sama dengan produk dari merek yang lebih terkenal, seperti Samsung atau Apple. Selain itu, kemampuan Xiaomi untuk menguasai pasar ponsel pintar di negara asalnya, China, juga merupakan salah satu faktor mengapa Xiaomi saat ini menjadi sangat populer.


*Muhamad Firman Alfaridin, Penulis adalah Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Majalengka


Ikuti Lintasan Berita via socmed:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
Instagram: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU