Esok, Pertemuan Jupiter dan Venus Bisa Dilihat Mata Telanjang

Pertemuan antara planet Jupiter dan Venus (konjungsi) terjadi esok hari, Senin (13/11). Fenomena alam ini bisa disaksikan dengan mata telanjang di pagi hari.

Facebook mengingatkan, dua planet tersebut bertemu dan akan menghiasi langit bagian timur dengan sinar terangnya. Pemandangan itu bisa dinikmati sekitar satu jam sebelum matahari terbit. Kedua planet yang berjarak sekitar 669 kilometer dari pusat tata surya itu akan terbit 0,3 derajat antara satu dan lainnya.

Momen ini menjadi sesuatu yang langka bagi penikmat dunia astronomi. Pengamat menuturkan, kejadian langka tersebut bisa terlihat di sejumlah negara yang terletak di garis lintang, seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Di Inggris, Venus diperkirakan mulai terlihat sekitar pukul 05.56 pagi waktu setempat. Sementara itu, Jupiter akan terbit tak lama setelahnya, sekitar pukul 05.58.

Di Los Angeles, AS, Jupiter dan Venus dijadwalkan terbit pada pukul 05.18 pagi waktu setempat. Sementara di New York, kedua planet itu bisa terlihat di cakrawala kota tersebut sekitar pukul 06.24 waktu lokal.

Sebagaimana dilansir space.com, empat satelit bulan Jupiter juga dikabarkan bisa terpantau oleh teleskop. Pengamat menuturkan kejadian langka ini akan sangat baik terlihat di area pedesaan yang jauh dari polusi cahaya.

Sementara itu, tidak seluruh wilayah di bagian selatan bumi bisa menikmati fenomena ini. Warga Argentina khususnya kota Buenos Aires menjadi salah yang beruntung karena bisa menyaksikan kejadian astronomi tersebut. Jupiter dan Venus dikabarkan akan muncul di horizon kota tersebut sekitar pukul 05.08 pagi waktu setempat. [uzone.com]


Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Banner Kanan 1

Facebook Page