Akun Twitter Pemkab Subang Verified, Ini Cuitannya

Akun twitter Pemkab Subang mendapat ceklis biru atau veriffied dari pihak twitter. Dengan label verified itu, akun twitter @PemkabSubang tersebut menjadi akun resmi Pemkab

Akun @PemkabSubang yang dibuat pada Maret 2017 itu memiliki 363 follower. Jumalah ini lebih kecil dari yang diikuti (following) akun tersebut. Selain berisi info seputar Pemkab, cuitan akun ini pun lebih banyak meretwet akun lainnya.

Seorang admin @PemkabSubang Siska Subangkit mengatakan, label verified itu atas usulan dirinya ke pihak twitter. Setelah melalui proses sekitar sebulan, pengajuan itu diamini pihak twitter.

Pihak Twitter membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mendapat tanda centang biru pada akunnya. Sejak 2016 lalu, pengguna bisa mengajukan formulir agar akunnya terverifikasi alias verified account.

Sebelumnya, verified account hanya tersedia eksklusif bagi brand maupun figur publik di bidang media, politik, seni, olahraga, dan bisnis. Verified account sendiri berfungsi untuk menandai bahwa sebuah akun dapat dipercaya.

Kesempatan terbuka untuk mendaftarkan verified account mengesankan semua orang bisa mendapat tanda khusus itu. Meski demikian, Twitter menggarisbawahi bahwa formulir yang diajukan akan tetap disaring secara ketat.

"Sebuah akun bisa terverifikasi jika teridentifikasi sebagai kepentingan publik," kata perwakilan Twitter, sebagaimana dikutip KompasTekno.

Twitter punya alasan khusus mengapa pihaknya seakan melonggarkan predikat verified account untuk umum. Menurut layanan mikroblog berlogo burung biru itu, ada banyak orang-orang berpengaruh di luar sana yang belum tertangkap radar Twitter.
Dua di antara beberapa syarat untuk mendapat verified account adalah nama asli dan foto profil yang akurat. Jika sang pengaju menyertakan nama yang aneh dengan foto orang lain, Twitter tak akan mempertimbangkan akun itu sama sekali.

Saat ini, sekitar 310 juta warga maya merupakan pengguna aktif bulanan Twitter. Dari angka itu, 187.000 dibubuhi predikat verified account. Setelah pengajuan umum ini, entah berapa banyak jumlah verified account yang bakal berseliweran.


____________
Dapatkan lintasan berita Subang via:
Follow Twitter: @tintahijaucom
Like Faceboook: Redaksi Tintahijau


Facebook Page