Literasi

  1. Opini
  2. Surat Pembaca

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan proses tender proyek Pelabuhan Patimban ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usai bertemu Jokowi, Budi Karya mengatakan pembangunan pelabuhan di Subang, Jawa Barat itu, bisa dimulai Juni tahun ini.

Syaratnya, proses tender bisa rampung paling lambat Mei. Selain itu, kata Budi Karya, pembangunan Pelabuhan Patimban tak semuanya selesai di 2019, nanti sebagian akan selesai di 2020.

Pelabuhan Patimban Subang Rampung Tahun 2030
JICA Kucurkan Rp14.3 Triliun untuk Pelabuan Patimban Subang
Menperin Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban


"Kalau misalnya nanti bulan Mei (tender selesai), paling lambat Juni kita sudah mulai bangun. (Selesai) 2019 sebagian, sebagiannya 2020," terang Budi Karya di Komplek Istana Presiden, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Budi menambahkan, ada tiga BUMN konstruksi yang ikut dalam proses tender Pelabuhan Patimban. Ketiganya adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT PP (Persero) Tbk.


Selain itu ada dua perusahaan lagi, namun Budi Karya tidak ingat detailnya. Menurut Budi ketiga BUMN itu bekerja sama dengan perusahaan Jepang, namun dia tak ingat detailnya.

"Yang masuk final kalau enggak salah dua, yang dari luarnya apa ya, lupa saya.Yang dari dalamnya ada tiga perusahaan, ada WIKA (PT Wijaya Karya), PP (PT PP) sama Adhi (PT Adhi Karya). Mereka join dengan Jepang, ada unsur Jepang," tutur Budi Karya. (detik)

Dapatkan kilasan berita lainnya via:
Twitter: @TINTAHIJAUcom
FB: REDAKSI TINTAHIJAU